PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SOFTBALL “BOLA BAKAR” BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SEMARANG

Main Article Content

Edwin Fatah
Tandiyo Rahayu
Agus Raharjo

Abstract

Permainan “Bola Bakar” merupakan salah satu alternatif penyampaian pembelajaran Penjasorkes khususnya permainan bola kecil. Pengembangan model ini bertujuan menciptakan produk variasi permainan bola kecil dalam Penjasorkes. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis kebutuhan termasuk observasi lapangan,  wawancara dan kajian pustaka, mengembangkan produk awal, evaluasi para ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan dan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli Penjasorkes hasil analisis produk sebesar 80% dengan kriteria cukup baik, hasil dari ahli pembelajaran diperoleh hasil analisis produk sebesar 81,3% dengan kriteria baik sedangkan. Sedangkan dari uji coba kelompok kecil diperoleh data sebasar 87,1% dan uji coba lapangan diperoleh sebesar 86,25% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil itu, dapat disimpulkan model pengembangan permainan “Bola Bakar” dapat digunakan pada pembelajaran Penjasorkes untuk siswa kelas VIII SMP.

Abstract

___________________________________________________________________

Game "Bola Bakar" is one alternative learning delivery Penjasorkes especially small ball game. Development of this model aims to create product variations Penjasorkes small ball game. The method of research is developing. The procedure includes product development, including requirements analysis field observations, interviews and literature review, developed the initial product, expert evaluation and revision, testing and revision of the small group, large group and test the final product. The data was collected using observation sheets and questionnaires were obtained from the results of expert evaluation and filling questionnaires by students. The data analysis technique used is descriptive percentages. From the test results Penjasorkes expert product analysis of 80% with the criteria quite well, the results of expert learning obtained the results of analysis of the product by 81,3% with good criterion. While a small group of test data obtained 87,1% sebasar and field trials of 86,25% is obtained with the criteria well. Based on the results, it can be inferred model of development of the game "Bola Bakar" can be used in learning for students of class VIII Penjasorkes SMP.

Article Details

Section
Articles

References

Amung Ma’mun dan Yudha M Saputra. 2000. Prekembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Ateng, Abdul kadir . 1992. Asas dan Landasan Penjas. Jakarta : Depdikbud.
Yoyok Bahagia dan adang suherman. 2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Depdiknas.
Bethel, Dell. 1987. Petunjuk Lengkap Softball dan Base Ball. Semarang : Dahara Prize.
Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.
Lutan, Rusli. 2000. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.
.Pangaji, Galih. 2012. Model Pengembangan Permainan Enjoy Volley Ball untuk Pembelajaran Penjas pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun 2012.
Parno. 1992. Olahraga Pilihan Softball. Jakarta : Depdikbud.
Soegiyanto dan Sudjarwo. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud.
Sugiyono. 2009. Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suherman, Adang. 2000. Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud.