MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PERMAINAN BOLA TOLAK BEREKOR

Main Article Content

teguh waluyo

Abstract

Permainan bola tolak berekor merupakan permainan sederhana yang berorientasi pada teknik dasar tolak peluru gaya lama (ortodoks). Permainan ini adalah permainan tradisional bola tembak yang berasal dari kampong halaman peneliti yang dimodifikasi untuk diterapkan dalam pembelajara tolak peluru dalam upaya meningkatkan hasil belajar tolak peluru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada metode penelitian tindakan kelas Agus Kristiyanto, yaitu : (1) identifikasi dan analisis permasalahan PTK, (2) penetapan fokus permasalahan, (3) perencanaan tindakan, (4) pelaksanaan, (5) pengamatan (observasi), (6) refleksi. Dari hasil analisis rata-rata skor akhir hasil unjuk kerja siswa dari aspek psikomotor, aspek afektif, dan aspek kognitif terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata skor akhir siswa mencapai 72,5 dengan kategori baik tetapi belum memenuhi indikator ketuntasan 75, siklus II meningkat menjadi 82,5 dengan kategori baik dan sudah memenuhi indikator ketuntasan 75. Dari hasil analisis persentase ketuntasan hasil beljar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 43,3% dengan kategori keberhasilan sedang dan belum memenuhi indikator persentase ketuntasan hasil belajar 75%, siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori keberhasilan sangat tinggi dan sudah memenuhi indikator persentase ketuntasan hasil belajar. Diketahui dari hasil tersebut, pembelajaran melalui permainan bola tolak berekor teruji mampu meningkatkan hasil belajar tolak peluru siswa kelas VI.

Tailed-shot put is a simple game that is heavily orientated toward based technique of old style shot put (orthodox). This game is modified from a traditional game named shot ball that is applied to shot put learning to increase the students learning achievement in learning shot put. This research is a qualitative study which refers to action research method written by Agus Kristiyanto, these are : (1) identifying and analysing the problem, (2) deciding the fokus ot the problem, (3) planning the research, (4) implementation, (5) observing, (6)reflecting. Based on the test result, the mean scores of psychomotor, affective, and cognitive aspects show that there is a significant improvement in their study result. In cycle I, the mean scores was 72,5, it belonged to good category but it did not attain the indicator of completeness of learning achievement 75 yet. In cycle II, the mean scored improve to 82,5. It was good category and attained the indicator of completeness 75. Based on the analysis, percentage of the learning achievement completeness also has a significant improvement. In cycle I, it was only 43,3%. That is medium category and did not attain the indicator  of completeness 75%. In cycle II, it increase in to 90%. It show that the category is a very high and fulfill the indicator of completeness of learning achievement. It can be concluded that playing tailed-shot put is proved and tested to improve the VI students learning achievement shot put.

Article Details

Section
Articles