PELAKSANAAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri se-Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik angket atau kuesioner. Aspek yang dievaluasi meliputi aspek praktek atau ketrampilan, sikap-sikap positif, perilaku hidup sehat kehadiran dan partisipasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2011/2012 dimulai dari perencanaan evaluasi pembelajaran, praktek/ ketrampilan, sikap positif, kehadiran dan nilai akhir 18 orang (60%) adalah tinggi, 5 responden (17%) sedang, 1 responden (3%) kurang, dan 6 responden (20%) rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Jatilawang sudah terlaksana dengan baik.
The purpose of this study is to investigate the implementation evaluation of the learning in physical education and health of elementary school. The population in this study were physical education teachers, sports and health Elementary School District Jatilawang Banyumas. Samples were taken using total sampling technique. This research used survey method with questionnaire or questionnaire techniques. Aspect that evaluated covering aspects of practice or skills, attitude-positive attitude, behaviors healthy life attendance and participation. The evaluation of learning the sport and physical education in elementary school health as Jatilawang Banyumas district academic year 2011/2012 began planning the evaluation of learning, practice/skills, positive attitude, attendance and final grades were 18 people (60%) with high criteria, 5 respondents (17%) with moderate criteria, 1 respondents (3%) with less criteria, and 6 respondents (20%) with low criteria. Based on the the results of such research the authors can be conclude that the implementation evaluation of within of learning sports education and health in Elementary School at Jatilawang District Banyumas already performing well.
Article Details
References
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Gajah Mada University Press