UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN BOTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIWADAS 03 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013

Main Article Content

santri aji wibowo

Abstract

Pada siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 03 sedang dilaksanakan kegiatan   pembelajaran sepak takaw. Dalam hal ini peneliti mengalami kesulitan saat pembelajaran sepak takraw khususnya teknik sepak sila. Setelah dilaksanakan tes formatif ternyata masih banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pelaksanaan pembelajaran sepak sila ini bertempat di halaman SD Negeri Kaliwadas 03 dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V denagn jumlah siswa 24 yang terdiri dari 15 siswa putra dan 9 siswa putri. Alat yang digunakan sebagai pengumpul data adalah lembar observasi dan angket kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian pembelajaran ini dapat dikatakan meningkat secara signifikan. Pada ranah afektif siklus I adalah 58 % dan pada siklus II mencapai 91%, pada ranah kognitif siklus I adalah 67 % dan pada siklus II mencapai 91 %, pada ranah psikomotor siklus I adalah 62 % dan pada siklus II mencapai 91 %. Dari ketiga ranah tersebut dapat dikemukakan bahwa pada siklus I prosentase adalah 62 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91 %.  Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa permainan bola pantul dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak takaw yaitu sepak sila. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase antar siklus yang dilaksanakan oleh peneliti. Perlunya persiapan yang matang dan lengkap dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus memiliki kemampuan dalam penggunaan media, permainan bola pantul dapat dijadikan alternatif pembelajaran

 

In the fifth grade students of elementary school are being implemented Kaliwadas 03 football takaw learning activities. In this case the researchers have a hard time learning soccer techniques especially sepak takraw sila. Once implemented formative tests are still many students whose value is still below the minimum completeness criteria (KKM). Implementation of the principle of learning soccer is housed in elementary school yard Kaliwadas 03 and conducted in two cycles. This research was carried out on fifth grade students denagn number of students 24 students consisting of 15 men and 9 women students. Tool that is used as a data collector is observation sheets and questionnaires questionnaire. Analysis using comparative descriptive techniques.
The results of this learning can be said to be significantly increased. In the affective domain, the first cycle was 58% and the second cycle at 91%, in the cognitive domain first cycle was 67% and the second cycle reaches 91%, the psychomotor domain of the first cycle was 62% and the second cycle at 91%. Of the three domains can be noted that the percentage of first cycle was 62%, whereas in the second cycle increased to 91%.The conclusion of this research note that the game can rebound basic techniques improve learning outcomes football is football takaw sila. It can be seen from the percentage of inter-cycle conducted by the researcher. The need for thorough preparation and a complete in implementing the learning, teachers must have the ability to use the media, the game can be used as an alternative rebound learning

Article Details

Section
Articles

References

Agus Taufiq, Hera L. Mikarsa, Puji L. Prianto, 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ali Maksum, 2008. Psikologi Olahraga. Penerbit : Unesa University Press.
http://www.google.com/doc/materi sepak takraw.
Muhammad Suhud, 1991. Sepak Takraw. Penerbit : Balai Pustaka Jakarta.
M. Toha Anggoro, dkk. 2008. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.
M. Yusuf, 2003. Pembinaan Olahraga Usia Dini. Surakarta : Universitas Tunas Pembangunan.
Suciati, dkk. 2003. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka
Sudibyo Setyobroto, 2005. Psikologi Olahraga. Dicetak : PT Anem Kosong Anem Jakarta.
Wardani, IGAK. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winatraputra, Udin S, dkk. 1996/1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winto Asmoro, PTK. 2008. Pembelajaran Loncat Bilah dan Bola Plastik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini. Brebes : Cabang Dinas P dan K Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.
Yoyo Bahagia. Pengembangan Media Pengajaran Penjas.