PENINGKATAN HASIL BELAJAR HEADING SEPAK BOLA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PERMAINAN BOLTUNG

Main Article Content

muhamad erwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar heading sepak bola pada siswa kelas V SDN 4 Penyangkringan Weleri. Metode yang digunakan adalah permainan Boltung. Hasil pra siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar pada ranah motorik siswa hanya 33,3 % dan ranah kognitif 20,8 %. Setelah diterapkan metode permainan Boltung pada siklus 1, terjadi peningkatan pada ketuntasan belajar siswa pada ranah motorik menjadi 70,8 %, kognitif 70,8 %, dan kriteria afektif 2,2 dengan nilai cukup. Maka dari itu dilakukan siklus 2 untuk lebih meningkatkan ketuntasan belajar siswa dengan tetap menggunakan metode permainan Boltung dengan hasil ketuntasan motorik 87,5 %, kognitif 83,3 %, dan kriteria afektif meningkat menjadi 3,1 dengan nilai baik. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan Boltung dapat meningkatkan hasil belajar heading sepak bola.

This study aims to improve the learning outcomes of soccer heading in grade 4. The method used is Boltung game. Results showed that pre-cycle mastery learning on students' motor domain of only 33.3% and 20.8% of cognitive domains. Once applied the method Boltung game in cycle 1, there was an increase in mastery learning students in the areas of motor to 70.8%, 70.8% cognitive, and affective criteria 2.2 with considerable value. Thus the cycle is done 2 to further enhance students' mastery learning while using the method with the results of the game Boltung motor completeness 87.5%, 83.3% cognitive, and affective criteria increased to 3.1 with good value. Conclusions This study shows that the method Boltung games can improve learning outcomes soccer heading.

Article Details

Section
Articles

References

Iddo Christiana. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Yudhistira
Khomsin. (nd) Paradigma Baru Pendidikan Jasmani di Indonesia dalam Era
Reformasi. Online
http://goeroendeso.files.wordpress.com/2009/01/pragdigma-penjas.pdf (accesed 24/03/13)
Luxbacher,Joseph A. 2004. Sepak Bola(2nd Ed). Jakarta: RajaGravindo Persada
Luxbacher,Joe. 2004. Sepak Bola Taktik dan Teknik Bermain. Jakarta: RajaGravindo Persada
Mielke,Danny. 2003. Dasar-dasar Sepak Bola. Jakarta: Pakar Raya
Nur Hayati Simatupang. 2005. Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan
Aspek Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidlkan Jasmani Indonesia, Volume 3, No.1, 2005:23-32
Rusli Lutan dan Sumardianto. 2000. Filsafat Olahraga. Jakarta: Depdikbud
Soemitro. 1992. Permainan Kecil. Jakarta: Depdikbud
Soeparwoto. 2006. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes
Sucipto, et al. 2000. Sepak Bola. Jakarta: Depdiknas
Sugiyanto dan M.P.,Sudjarwo. 1994. Perkembangan Dan Belajar Gerak.
Jakarta: Depdikbud
Self-Evaluation Kit. Online at
http://komplek.talentaschool.sch.id/index.php/component/content/article/87-beritakomplek/447-manfaat-bermain-bagi-perkembangan-anak.html (accesed 24/03/13)
http://pembelajarsmknikertosono.blogspot.com/2011/01/manfaat-bermain-bagi-anak-anak.html (accesed 24/03/13)
http://www.sarjanaku.com/2012/02/teknik-heading-dalam-sepak-bola.html (accesed 24/03/13)
http://argamakmur.wordpress.com/sejarah-sepak-bola/ (accesed 24/03/13)
http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196005181987032-OOM_ROHMAH/Hakikat_Pendidikan_Jasmani.pdf (accesed 24/03/13