PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELALUI PERMAINAN SASARAN PETAK BERANGKA

Main Article Content

praja ari winahyu

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 03 Kec. Blado tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa (14 siswa putra dan 7 siswa putri). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes kemampuan, pemahaman dan penelitian hasil belajar. Teknik tes kemampuan dilaksanakan untuk mendapatkan nilai unjuk kerja yang ditunjukkan siswa pada siklus I, siklus II dengan pengamatan terhadap sitematis dalam melakukan rangkaian gerakan lempar dengan memodifikasi permainan. Nilai hasil belajar siswa dirata-rata untuk ditemukan keberhasilan klasikal sesuai dengan target yang telah ditetapkan. kemudian dibuat deskripsi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan ditandai semakin meningkatnya ketrampilan siswa melakukan  lempar tanpa adanya perasaan bosan atau jemu. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 81%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi  95%. Berdasarkan  data hasil penelitian tindakan kelas yanng dilaksanakan penulis pada  siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 03 Kec.Blado dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan  permainan sasaran petak berangka dapat meningkatkan hasil belajar lempar bagi siswa kelas  IV SD Negeri Kambangan 03 Kec.Blado tahun pelajaran 2012/2013. Sehubungann dengan keterangan di atas, peneliti menyarankan hendaknya dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olah Raga, guru lebih sering menerapkan pendekatan permainan dan selalu melakukan inovasi sehingga dapat merangsang siswa untuk menyukai materi yang diajarkan dalam pembelajaran.

The researcher used classroom action research in conducting the research which was done in two cycles. Subject of this study were the fourth grade students of SD Negeri Kambangan 03 in Blado in the academic year of 2012/ 2013. There were 21 students in which 14 of them were male and 7 of them were female. Technique of collecting data which was used were observation test ability, understanding, and research of learning achievement. Ability test technique was done to find out the students’ work score in cycle one, cycle two by observing the systematic in doing the throwing motion series by modifying the game. The students’ average score was counted to find out the classical achievement as the target made. Then, it was made the description of the success of learning marked by the improvement of students’ skill in doing throwing without the feeling of bored. The classical minimum score in cycle one achieved 81%, in cycle two the improvement achieved 95%.

Based on the classroom action research finding, it can be concluded that the use of numbered target cabin game could improve the throwing learning achievement for the fourth grade students of SD Negeri Kambangan 03 in Blado in the academic year of 2012/2013. In this case, the writer suggests the teacher to apply numbered target cabin game in sport learning and to innovate to stimulate the students to be interested in the material that is given in learning.

Article Details

Section
Articles

References

Aritonang. 2008. Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 10, Hal 11-21.
Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Mahardika. 2008. Penelitian tindakan kelas. http://mahardika.blogspot.com (diunduh 20 Januari 2013, 13:50 WIB)
Sucipto. 2008. Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Paradigma. Tahun XIII. No. 25. Hal 219-229.
Surapati. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Pakem Terhadap Hasil Belajar Penjas Pada Atletik Nomer Lari 100 Meter Di SMP. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.