EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Main Article Content

Insan Aji Subekti

Abstract

Tujuan penelitian yaitu: Peneliti ingin mengetahui program pembinaan prestasi kelas olahraga di SMA Negeri 3 Purwokerto yang meliputi: Organisasi, Perekrutan Pelatih, Perekrutan Atlet, Pendanaan, Sarana dan Prasarana dan prestasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah 1) Organisasi kelas olahraga SMA N 3 Purwokerto sudah berjalan sesuai tugasnya masing-masing, namun ada kekosongan di sekretaris, 2) Perekrutan Pelatih melihat ketersediaan pelatih dari KONI Banyumas, 3) Perekrutan Atlet dengan cara seleksi tes keterampilan cabang olahraga yang dikuasai dan atlet mempunyai piagam minimal tingkat kabupaten, 4) Program latihan dibuat pelatih, latihan fisik umum di Sekolah dan Latihan percabang menyesuaikan jadwal dari pelatih, 5) Sumber dana dari iuran atlet dan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, 6) Sarana dan Prasarana di SMA N 3 Purwokerto masing sangat standar, semua difasilitasi KONI dan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, 7) Prestasi atlet kelas olahraga cukup baik ditingkat Daerah, Propinsi, Nasional bahkan Internasional. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa prestasi yang diraih atlet kelas olahraga cukup baik, namun program pembinaan prestasi kelas olahraga di SMA N 3 Purwokerto belum berjalan maksimal, hal ini dapat dilihat dari struktural organisasi, pendanaan, sarana dan prasarana.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
. 2009. Managemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Irianto, Djoko Pekik. 2002. Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: Surat Perjanjian Pelaksanaan Diklat Nomor:688.a/J.35.16/KU/2002.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Milles, Mattew B., dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabet.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. 2006. Sistem Keolahragaan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.