PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPARAN MELALUI PERMAINAN BOLA PANAS

Main Article Content

Wahyu Prihantini

Abstract

The purpose of this study is to increase learning outcomes about basic throwing motion through the hot ball game for student at class IV Sendang Elementary School Wonotunggal Batang in 2013. From the research data is known that there is an increase in the percentage of completeness results in the classical study of the cognitive aspects of 72.73% in the first cycle increased to 81.82% in the second cycle. For psychomotor aspects of learning outcomes increased from 57.58% in the first cycle to 84.85% in the second cycle. As for the affective aspects of learning outcomes obtained a value of 78.79% in the first cycle increased to 84.85% in the second cycle. Based on the results obtained the conclusion that through the hot ball games can improve learning outcomes basic motion throws for student at class IV Sendang Elementary School Wonotunggal Batang Year 2013.

Article Details

Section
Articles

References

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
H.J.S Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Halym Dwi Pambudi. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lempar Dalam Pendidikan Jasmani Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 3 Kandangwangi Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Heru Widijoto. 2009. Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Bidang Studi Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang UPT. Program Pengalaman Lapangan.
Indrawati dan Wawan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Malang: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan
Pendidik dan Tenaga kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyani Sumantri dan Nana Syaodah. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Universitas Terbuka.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.
Munasifah. 2008. Atletik Cabang Lari. Demak: Aneka Ilmu
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Simanjuntak, V. G. 2009. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dirjen Dikti, Departemen Pendidikan Nasional.
Siti Khabibah. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.
Sobur, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunarto. 2009. Pengertian Prestasi Belajar. http://sunartombs.wordpress.com. Diakses
Wasis D. Dwiyogo. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas dan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yoyo Bahagia dan Adang Suherman. 2010. Prinsip-prinsip pengembangan dan Modifikasi Cabang olahraga. Jakarta: Depdiknas