PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “KASKOR” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Novita Arjin Ratriningrum
Mugiyo hartono
Agung Wahyudi

Abstract

Abstrak
Kasti merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola kecil di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 85,33% dengan kriteria sangat baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 79,84% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 89,91% dengan kategori sangat baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain kaskor. Selain itu, setelah melakukan permainan kaskor denyut nadi siswa meningkat lebih dari 70% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan kaskor efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.
Abstract
Kasti is one of the alternative learning of small games in school. However, this game in reality does not run well yet in the process of learning. Therefore, it needs modification in it. The method of this research is developmental research. The procedure of development product covers the analysis of product, developing first product, expert validation and revision, a small group experiment and revision, a big group experiment and last product. The collecting of data is conducted by observing and making questionnaire which is gathered from evaluator and students. The technique of analysis used is percentage descriptive. From the expert experiment, it is gained the average of product analysis results is 85.33 % with very good criterion. Questionnaire result data of students at a small group experiment gained the average of answer is 79.84 % with good criterion and a big group experiment reached 89.91% with very good criterion. Students have not already faced difficulties and been afraid of scoring game. After conducting kaskor, the heartbeat of students is raising more than 70% from maximum heartbeat. According to this research, it can be concluded kaskor is an effective and appropriate game with the characteristic of students. Therefore, it can be used in physical education learning.

Article Details

Section
Articles