PEMBELAJARAN SASARAN LEMPAR TALI GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LEMPAR LEMBING
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar lempar lembing bagi siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal dalam pembelajaran lempar lembing menggunakan sasaran lempar tali gantung.Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dalam pembelajaran lempar lembing menggunakan sasaran lempar tali gantung. Kondisi awal sebesar 56,25 % siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus I indikator ketercapaiannya sebesar 70% siswa harus mencapai KKM. Dan pada siklus II sejumlah 85% siswa yang harus mencapai ketuntasan minimal. Alat pengumpulan data menggunakan tes praktek dan lembar observasi. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sasaran lempar tali gantung prestasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I sebesar 71,88% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II sebesar 87,50% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran menggunakan sasaran lempar tali gantung dapat meningkatkan prestasi belajar lempar lembing siswa kelas VIII H SMP N 1 Kendal.
Abstract
The question in this research is how to improve the learning javelin throwing achievement’s student of VIII H SMP N 1 Kendal in purpose to improve it using sasaran lempar tali gantung.This research is a kind of class action research with collecting data technique using test and observation. The subject of this research is the students of VIII H grade in SMP N 1 Kendal in amount 32 students. While the variable is the students learning achievement in javelin throwing using Sasaran Lempar Tali Gantung. It beginning, 56,25% students reach the minimum mark. In first cycle, the indicator achievement is that 70% students must rech minimum criteria mark. In this second cycle, 85% students must reach minimum mark. The technique in analyzing data is descriptive comparative analysis.
The conclusion is that the implementation of learning using Sasaran Lempar Tali Gantung method can improve the learning javelin throwing achievement of students VIII H grade in SMP N 1 Kendal.