PEMBELAJARAN ROLL DEPAN MENGGUNAKAN MATRAS BIDANG MIRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Dini Aji Permatasari
Bambang Priyono
Tri Rustiadi

Abstract

Abstrak
Roll depanmerupakan salah satu materi senam lantai yang diajarkan di sekolah dasar. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar roll depan. Maka perlu adanya media alat bantu pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data dari pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 69,69% (kurang baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II yang mencapai 82,7% (baik), hasil dari kedua siklus tersebut mengalami peningkatan sebesar 0,8 dengan kriteria sedang. Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 77,81%(cukup baik) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84,57% (baik) dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 78,73% (kualifikasi cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,90% (sangat baik), dan mengalami peningkatan sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media matras bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar roll depan siswa.

Abstract
Roll front is one of the material gymnastic the floor taught in elementary school. However, the truth is that the learning process has not materialized optimally because the hand that less powerful, footstool not and repulsion feet on the necks of the weak so influential on the outcome of learning roll front. The need of media an auxiliary apparatus of learning. This research is research the act of a class ( classroom action research ). Data from observation psychomotor obtained the result at the cycle i average reached 69,69 % ( less good ) and has increased on a cycle ii which reached 82,7 %( good ), the result of both the cycle increased by 0.8 with criteria are. Data the results of observations affective in cycles i reached 77,81 % ( good enough ) on a cycle II reached 84,57 % ( good ) and increased by 0.3 with criteria are. The result of understanding students ( cognitive ) on a cycle i reached 78,73 % ( qualifying enough ) on a cycle II reached 91,90% ( very good ), and increased by 0.6 with criteria are. Based on the result of the study by way of it is concluded that learning to the media a mat an inclined plane can increase study result of the roll front of students.

Article Details

Section
Articles