MODEL PERMAINAN BOLA VOLI TANAH PANAS UNTUK MATERI BOLA VOLI PENJASORKES SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Handi Nugroho Saputro
Henny Setyawati
agung wahyudi

Abstract


Pembelajaran bola voli di Sekolah Dasar selama ini dirasa kurang efektif.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya alternativ model pembelajaran bola voli. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan  kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 84,87% dengan kriteria baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan  persentase 85,83% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 90,18% dengan kategori sangat baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain model permainan bola voli tanah panas. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa model permainan bola voli tanah panas efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan untuk materi bola voli siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pembelajaran penjasorkes
Abstract

Learning Primary school volleyball at this time it is less effective. To overcome these problems, the need for an alternative model of learning volleyball. The method of this research is developmental research. The procedure of development product covers the analysis of product, developing first product, expert validation and revision, a small group experiment and revision, a big group experiment and last product. The collecting of data is conducted by observing and making questionnaire which is gathered from evaluator and students. The technique of analysis used is percentage descriptive. From the expert experiment, it is gained the average of product analysis results is 84,87% with good criterion. Questionnaire result data of students at a small group experiment gained the average of answer is 85,83% with good criterion and a big group experiment reached 90,18% with very good criterion.  Students have not already faced difficulties and been afraid of volleyball game model of tanah panas. According to this research, it can be concluded volleyball game model of tanah panas is an effective and appropriate game with the characteristic of students so it can be used for material volleyball Elementary School fifth grade students in the phsycal education learning.

Article Details

Section
Articles