PENGEMBANGAN MODEL BOLA BASKET RING BERLUBANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Maelani Zulfah
hermawan pamot rahajo
mugiyo hartono

Abstract


Permainan bola basket adalah permainan  dimainkan oleh 5 orang pemaian baik putra atau putri dalam satu regu.. Tujuan dari permainan ini adalah dengan cara memasukan bola ke dalam keranjang lawan dan mencegah lawan membuat nilai. Metode pengembangan ini  adalah  mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, dan kuesioner siswa, uji kelompok kecil , dan uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa.Data diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 82,7 % (baik), ahli pembelajaran  89,3 % (baik), uji coba kelompok kecil 84,4 % (baik), dan uji coba lapangan 94,9 % ( sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bola basket  ring berlubang ini dapat digunakan bagi siswa kelas V dalam pembelajaran penjasorkes.


Abstract

Basketball game is a game played by 5 players good either male/female in a squad . The purpose of this game is to enter the ball into the opponent’s basket and prevent the opponent makes the value. The development method is referring to the model of the development of Borg & Gall. The data are collected using a questionnaire derived from expert evaluation, and student questionnaires, small group testing, and field testing. The data analysis technique used is descriptive percentage to reveal aspects of psychomotor, cognitive, and affective of students.The obtained data were expert evaluation data, expert of Physical Education was 82.7% (good), expert of learning was 89.3% (good), small group testing was 84.4% (good), and field-testing 94.9% (excellent). From the available data it can be concluded that the learning model of basketball of hollow ring can be implemented for Fifth Grade students in learning of Physical and Health Education


Article Details

Section
Articles