MODEL PENGEMBANGAN GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI PERMAINAN BOLA HALILINTAR UNTUK SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

Aprilia Nurhidayah
Tri Nurharsonno
Andry Akhiruyanto

Abstract

Abstrak
Gerak dasar lempar merupakan materi pembelajaran yang perlu dikembangkan di sekolah dasar. Gerak dasar dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan karakteristik siswa agar siswa lebih mudah dalam mengikuti materi pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (ahli Penjas dan ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa SD N Sekaran 02), dan uji lapangan (24 siswa SD N Sekaran 02). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data dari hasil kuisioner dan evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 82,67 % (baik), ahli pembelajaran 88,33 % (baik), uji coba kelompok kecil 88,33 % (baik), dan uji lapangan 90,10 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian di atas, permainan bola halilintar ini sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak Sekolah Dasar.
Abstract

Basic throwing motion is a material that needs to be developed in elementary school. The motion base is developed in accordance with the development and characteristics of students so that students are more easily to follow the lessons. The method of research is the development of a model refers to the development of Borg & Gall has been modified. The data was collected using a questionnaire derived from the evaluation of experts (specialists and experts penjas learning), testing a small group (12 students of SD N Sekaran 02), and field tests (24 students of SD N Sekaran 02). Data such as the results of an assessment of the quality of products, suggestions for improvement of the product, and the results of questionnaires by students. The data analysis technique used is descriptive percentage to reveal aspects of psychomotor, cognitive and affective student after using the product. From the test data obtained from the questionnaires and the expert evaluation, expert penjas 82.67% (excellent), learning expert 88.33% (excellent), a small test group 88.33% (excellent), and a field test 90 , 10% (very good). Based on the above results, the game ball lightning is in accordance with the development and characteristics of elementary school children, to develop aspects of psychomotor, affective, cognitive, and physical.

Article Details

Section
Articles