MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI MINI BERLAPIS
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Permainan bola voli dengan ukuran lapangan yang sesungguhnya akan sangat menyulitkan, apalagi siswa SD yang mempunyai ukuran tubuh yang tidak memungkinkan untuk bermain bola voli dengan tinggi net yang sesungguhnya. Sehingga pembelajaran bola voli sulit berjalan pada siswa SD kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan bola voli mini berlapis bagi siswa SD dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian ini adalah model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan hasil uji coba dan pengamatan selama penelitian dan saran dari para ahli penjas dan ahli pembelajaran, maka dilakukan beberapa revisi, meliputi:1) Dibuat jumlah sentuhan minimal. 2) Jumlah skor perlu ditambah karena ada skor dobel. 3) Peraturan permainan yang flesibel berdasarkan tingkat karakteristik siswa. Rata-rata dari semua aspek uji coba yang ada, lebih dari 80% siswa dapat mempraktikkan dan memahami dengan baik sehingga baik dari uji coba kelompok kecil maupun uji coba lapangan, sehingga permainan bola voli mini berlapis sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran bola voli untuk siswa SD.
Abstract
Base physical characteristic that mostly age child 9 11 years, game ball voli is with size volleyball field truthfully will really went hard with, evenless SD’s student that have body measure that doesn’t enable to play volleyball with tall net truthfully. So volleyball learning is hard walk on SD’s student brazes IV. This research intent to develop and results product as model as mini volleyball game learning laminar for SD’s student in sporting physical education learning and health. Analisis who is utilized is analisis descriptive. Base test-driving and watch result up to research and tips of pro penjas and an old hand at learning, therefore is done revision divers, cover:1 ) made by minimal touch amounts. 2 ) Total score need to be added since available score double. 3 ) game regulation that flesibel bases to increase student characteristic. Averagely of all aught test-driving aspect, more than 80% student gets mempraktikkan and understanding properly so well of little group test-drivings and also field test-drivings, so laminar mini volleyball game as product already been resulted from this research get alternatively been utilized forwarding volleyball learning material for SD’s student.