MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SUDAMANDA DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN
Main Article Content
Abstract
Abtrak
Sudamanda merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan tradisional di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dari hasil uji coba diperoleh rata-rata hasil analisis produk oleh ahli diperoleh persentase jawaban sebesar 87,17 % dengan kriteria baik (layak). Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 83,33% dengan kategori baik (layak). Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 86,95 % dengan kategori baik (layak). Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain Sudamanda ria tani. Berdasarkan data hasil penelitian, dikaji bahwa permainan sudamanda ria tani efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model permainan Sudamanda ria tani ini.
Abstract
Sudamanda is one alternative to the traditional game of learning in school, but the reality in the learning process has not been implemented optimally. Hence the need for modifications in the learning process. The method of research is developing. From the test results obtained average results obtained by the analysis of the product by a percentage of 87.17% response criteria well (well worth it). It can therefore be used to test small groups. Data results of the questionnaire students in small group trials obtained with an average percentage of 83.33% response by category of good (decent). Student data and test results of the questionnaire obtained a large group with a percentage of 86.95% response by category of good (decent). Students had no difficulty and fear again when playing Sudamanda jolly farmer. Based on the results of the study, assessed the farm fun game sudamanda effective and in accordance with the characteristics of students that can be used in learning penjasorkes. Expected penjasorkes teachers in primary schools can use the model Sudamanda fun game farmer.
Sudamanda merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan tradisional di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dari hasil uji coba diperoleh rata-rata hasil analisis produk oleh ahli diperoleh persentase jawaban sebesar 87,17 % dengan kriteria baik (layak). Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 83,33% dengan kategori baik (layak). Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 86,95 % dengan kategori baik (layak). Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain Sudamanda ria tani. Berdasarkan data hasil penelitian, dikaji bahwa permainan sudamanda ria tani efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model permainan Sudamanda ria tani ini.
Abstract
Sudamanda is one alternative to the traditional game of learning in school, but the reality in the learning process has not been implemented optimally. Hence the need for modifications in the learning process. The method of research is developing. From the test results obtained average results obtained by the analysis of the product by a percentage of 87.17% response criteria well (well worth it). It can therefore be used to test small groups. Data results of the questionnaire students in small group trials obtained with an average percentage of 83.33% response by category of good (decent). Student data and test results of the questionnaire obtained a large group with a percentage of 86.95% response by category of good (decent). Students had no difficulty and fear again when playing Sudamanda jolly farmer. Based on the results of the study, assessed the farm fun game sudamanda effective and in accordance with the characteristics of students that can be used in learning penjasorkes. Expected penjasorkes teachers in primary schools can use the model Sudamanda fun game farmer.
Article Details
Section
Articles