HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 04 KEC PRINGAPUSI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan bola plastik Siswa Kelas IV SD Negeri Wonorejo 04. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan total secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonorejo 04 yang berjumlah 39 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar passing bawah dengan menggunakan bola plastik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan bola plastik dapat meningkatkan penguasaan passing bawah pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 04. Berdasarkan tes pada siklus pertama rata-rata 20 sampai 25 kali dan mengalami peningkatan pada siklus kedua 24 sampai 30 kali dalam waktu 60 detik, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pendekatanbermain dapat diteriam lebih mudah oleh siswa.
Abstract
The purpose of this study is to investigate the learning outcomes of students use plastic balls Elementary School Fourth Grade Students Wonorejo 04. Action research conducted in two cycles of action. Physical Education is an integral part of the total education as a whole, aims to develop aspects of physical fitness, motor skills, critical thinking skills, social skills, reasoning, emotional stability, moral conduct, aspects of a healthy lifestyle and clean environment through the introduction of physical activity, sport and selected health systematically planned in order to achieve national education goals. This study is an action research class consisting of two cycles. Subjects were elementary school fourth grade students Wonorejo 04 totaling 39 students. The data collection methods used in this research is to use observations, questionnaires, and passing the achievement test using a plastic ball.The results showed that by using a plastic ball can improve t heir passing below the fourth grade students of SDN Wonorejo 04. Based on the test in the first cycle an average of 20 to 25 times and an increase in the second cycle of 24 to 30 times within 60 seconds, the results obtained show that accepted approach play can more easily by students.
Article Details
Section
Articles