Peningkatan Pembelajaran Senam Keseimbangan Melalui Pendekatan Bermain Meniru Gerak Binatang di Lingkungan Persawahan Penelitian Tindakan Kelas

Main Article Content

Mohamad Sopi
Andry Akhiruyanto

Abstract

This research is a classroom action research with two cycles of execution. Subjects in this study were students of class III of MI Islamiyah Karangdawa Margasari Tegal Regency, amounting to 36 studentsData collection
techniques using observational methods, performance, and documentation questionnaire with three aspects:
cognitive, affective and psychomotor.The percentage of first cycle thoroughness only 75% to 92% means
mastery of learning outcomes of students has increased by 17%, while the success of the second cycle was 92%
and students who have not completed 8%. The results showed that the learning outcomes gymnastics balance
through playing approach imitating the movement of animals in the rice fields in class III of MI Islamiyah
Karangdawa Margasari Tegal Regency show a positive impact

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Mohamad Sopi, PJKR FIK UNNES

Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Andry Akhiruyanto, PJKR FIK UNNES

Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Aip syarifuddin. 1992. Atletik. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Agung sunarno. 2010. Metode penelitian keolahragaan. yuma pustaka
Agus kristiyanto. 2010. Penelitian tindakan kelas. UNS press.
Djamara .2008. Strategi Belajar Mengajar: Rineka Cipta
Djumidar .2001. Dasar-dasar Atletik: 1-12 PPDO 2101/4 SKS/Djumidar, jakarta Universitas Terbuka
Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan pembelajaran. Bandung, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Lutan, Rusli dan Muhammad Arif Wibisono 2010. Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan gerak di Sekolah Dasar, Jakarta DEPDIKNAS, DIRJEN, DIKDASMEN.
M. Furqon (2008:4 ) Konsep bermain. Jakarta: Bumi Aksara
Nadisah (1992:4) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Pupuh Fathurrohman. dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi belajar Mengajar, Bandung, PT. Refika Aditama.
FIK UNNES. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Semarang: Percetakan UNNES.
Samsudin. 2008. Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT Mizan Publik
Sugiyanto. 2008. Perkembangan dan Belajar Gerak Motorik. Universitas Terbuka
Suherman, Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Surya Muhammad (2004) Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Suharsimi arikunto, 2006, prosedur penelitian suatu pendekatan praktis: PT. Bumi aksara.
Toto Subroto. 2008. Strategi pembelajaran penjas. Jakarta. Universitas terbuka.
Uno. H. B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Yoyo bahagia dan Adang Suherman. 2000. Prinsip-prinsip pengembangan dan modifikasi cabang olahraga. DEPDIKNAS-DEPDIKDASMEN
Zaenal aqib. 2008. Penelitian tindakan kelas bandung: yrama widya.