MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN MENGGUNAKAN EMPAT GAWANG PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola empat gawang bagi siswa kelas VII SMP. Metode penelitian ini adalah (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi para ahli, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama revisi produk, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir produk permainan sepakbola empat gawang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 77,3 %, ahli Pembelajaran I 85,3 %, ahli Permbelajaran II 84 %, uji coba kelompok kecil 86,33 %, dan uji lapangan 92,06 %. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola empat gawang ini dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru penjasorkes SMP untuk menggunakan produk model modifikasi sepakbola menggunakan permainan sepakbola empat gawang dalam pembelajaran Penjasorkes.
Abstract
Purpose of this study are: to develop and produce products in the form of models of learning through play football four soccer goal for students in PE. The method of research is (1) to do preliminary research and collection of information, (2) develop a form of the initial product, (3) evaluation of the experts, (4) revision of the first products, (5) field tests, (6) revision of the final product based on the results of field tests, (7) final modification of the model four-goal game of football. The file was collected using a questionnaire derived from the evaluation of experts, a small test group and field tests. Technical analysis is a descriptive file used to reveal aspects percentage psychomotor, cognitive, and affective student after using the product. From the test results obtained by the expert PE 77.3%, a Learning I 85.3%, experts learning II 84%, a small test group 86.33%, and a field test 92.06%. Available data it can be concluded that the model of learning through play football four football goal can be used for students. Based on the above results, it is expected for the teacher to use the product on the learning of students in PE.