SURVEI PARTISIPASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMPLB DAN SMALB MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi siswa berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran penjasorkes dan upaya yang dilakukan guru sehubungan dengan partisipasi siswa berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran penjasorkes di SMPLB dan SMALB Manunggal Slawi Kabupaten Tegal Tahun 2012. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi SMPLB dan SMALB Manunggal Slawi yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi Bagian B dan C yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian melalui observasi diperoleh sebanyak 31 siswa (63,3%) ikut berpartisipasi sedangkan 18 siswa (36,7%) tidak ikut berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Berdasarkan wawancara diperoleh hasil faktor intrinsiknya yaitu alasan utama siswa mengikuti pembelajaran penjasorkes adalah untuk mendapatkan nilai yang baik, sedangkan dari faktor ekstrinsik adalah guru yang menyenangkan dan sifat guru yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah partisipasi siswa berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran penjasorkes di SMPLB dan SMALB Manunggal Slawi Kabupaten Tegal Tahun 2012 termasuk dalam kategori baik, partisipasi intrinsik dan ekstrinsik sangat berpengaruh terhadap partisipasi siswa ABK dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes.
Abstract
The purpose of this study was to determine the participation of students with disabilities to physical education learning and the efforts of teachers in relation to the participation of students with special needs and physical education learning in SMPLB and SMALB Manunggal Slawi Tegal 2012. This research included in this type of qualitative research. The population in this study were all students SMPLB and SMALB Manunggal Slawi totaling 49 students. Mechanical sampling using total sampling. The sample in this research that all students Sections B and C, amounting to 49 students. Methods of data collection using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using descriptive analysis percentage. The results obtained through observations by 31 students (63.3%) participated, while 18 students (36.7%) did not participate in follow physical education learning. Based on interviews obtained results that in terms of intrinsic factor is the main reason students attend physical education learning is to get a good value, while the extrinsic factor is the nature of the teachers are fun and a good teacher. The conclusion of this research is the participation of students with special needs and physical education learning in SMPLB and SMALB Manunggal Slawi Tegal regency in 2012 are included in both categories, intrinsic and extrinsic participation greatly affect the participation of in learning physical education follow.
Article Details
Section
Articles