MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI VARIASI BOLA WARNA
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui variasi bola warna pada siswa kelas V SD N 01 Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tahun ajaran2012. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu dari kedua ahli menyatakan bahwa pengembangan model pembelajaran sudah masuk dalam kategori penilaian sangat baik yang diperoleh hasil analisis data dari ahli penjas 95% dan ahli pembelajaran 95%, uji coba kelompok kecil 95.67% (sangat baik), dan uji coba lapangan 94.59 % (sangat baik). Dari hasil yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui variasi bola warna ini dapat digunakan bagi siswa Kelas V SD Negeri 01 Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes Sekolah Dasar untuk menggunakan produk pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui variasi bola warna ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, serta mencari alternatif pengembangan lain yang lebih variatif yang sesuai dengan karakteristik anak.
Abstract
This study aimed to produce a form of teaching soccer development model through variation color balls in class V SD N 01 Toso Batang Airport District ajaran2012 year. From the test results that the expert evaluation of the data obtained from two experts stated that the development of the learning model are included in the category of very good judgment obtained by the analysis of data from experts penjas 95% and 95% learning experts, small group testing 95.67% (excellent) and field trials 94.59% (excellent). From the results, it can be concluded that the development of football through a variety of learning models color ball can be used for students of Class V Elementary School District 01 Toso Batang Airport. Based on the above results, it is expected penjasorkes elementary school teachers to use product development learning model soccer ball through these color variations in students’ learning of Physical Education, Sport, and Health, as well as look for other development alternatives are more varied in accordance with the characteristics of the child.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui variasi bola warna pada siswa kelas V SD N 01 Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tahun ajaran2012. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu dari kedua ahli menyatakan bahwa pengembangan model pembelajaran sudah masuk dalam kategori penilaian sangat baik yang diperoleh hasil analisis data dari ahli penjas 95% dan ahli pembelajaran 95%, uji coba kelompok kecil 95.67% (sangat baik), dan uji coba lapangan 94.59 % (sangat baik). Dari hasil yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui variasi bola warna ini dapat digunakan bagi siswa Kelas V SD Negeri 01 Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes Sekolah Dasar untuk menggunakan produk pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui variasi bola warna ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, serta mencari alternatif pengembangan lain yang lebih variatif yang sesuai dengan karakteristik anak.
Abstract
This study aimed to produce a form of teaching soccer development model through variation color balls in class V SD N 01 Toso Batang Airport District ajaran2012 year. From the test results that the expert evaluation of the data obtained from two experts stated that the development of the learning model are included in the category of very good judgment obtained by the analysis of data from experts penjas 95% and 95% learning experts, small group testing 95.67% (excellent) and field trials 94.59% (excellent). From the results, it can be concluded that the development of football through a variety of learning models color ball can be used for students of Class V Elementary School District 01 Toso Batang Airport. Based on the above results, it is expected penjasorkes elementary school teachers to use product development learning model soccer ball through these color variations in students’ learning of Physical Education, Sport, and Health, as well as look for other development alternatives are more varied in accordance with the characteristics of the child.
Article Details
Section
Articles