PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN PUBOGA DALAM PENJASORKES SISWA KELAS V SD N KARANGANYAR 01 KEC. TUGUKOTA SEMARANG TAHUN 2012

Main Article Content

Floyan Arista Widayanti
Hermawan Pamot Raharjo
Rumini ;

Abstract

ABSTRAK
Permasalahan adalah guru kurang menerapkan variasi-variasi dalam mengajar atau monoton,sehingga siswa kesulitan dalam pembelajaran bola voli khususnya pada gerak dasar smash (memukul) dan yang terjadi siswa jenuh dan tidak semangat sehingga banyak siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditentukan sekolah yaitu 75, dari 44 siswa yang ada di kelas V SD N Karanganyar 01 Kec. Tugu Kota Semarang hanya 28 siswa (63,63%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (36,36%). Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan menumbuhkan minat sehingga pembelajaran yang menyenangkan, aktif, inovatif dan kreatif.
Dari hasil penelitian secara klasikal siklus I diperoleh data yaitu ketuntasan belajar secara klasikal siswa yang mencapai tuntas sebanyak 20 siswa atau 45,45% dan siswa yang mendapat kategori belum tuntas sebanyak 24 siswa atau 54,54%). Sedangkan siklus II diperoleh data yaitu ketuntasan belajar secara klasikal siswa yang mencapai tuntas sebanyak 44 siswa atau 100% dan siswa yang mendapat kategori belum tuntas sebanyak 0 siswa atau (0%). Dari penelitian siklus I ke siklus II secara klasikal telah terjadi peningkatan yaitu 24 siswa (45,45%) terjadi peningkatan hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar permainan smash bola voli melalui pendekatan permainan puboga pada siswa kelas V SD N Karanganyar 01 berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran smash bola voli dengan pendekatan permainan lempar pukul bola karet dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

ABSTRAC
The problems is less teacher applying variations in teaching or monotonous, so students difficulties in learning volleyball especially in basic motion smash (hit) and the student happened saturated and spirit so that many students who do not meet the criteria specified minimum passing grade schools to 75, from 44 students in the class V SD N Karanganyar 01 excl. Semarang city monument only 28 students (63.63%) who completed the study, while students who did not complete as many as 16 students (36.36%). Research objectives were to improve student learning outcomes and foster interest in making learning a fun, active, innovative and creative.
From the results of research in the classical cycle of data that I obtained in the classical mastery learning students who achieve complete as many as 20 students or 45.45%, and students who have not completed as many as 24 categories of students or 54.54%). As for the second cycle of data obtained in the classical mastery learning students who achieve complete as many as 44 students or 100%, and students who have not completed as much as category 0 or students (0%). From the research cycle I to cycle II has been an increase in the classical high of 24 students (45.45%) increase learning outcomes, it can be concluded that the increase in learning outcomes smash game volleyball game approach puboga in class V SD N Karanganyar 01 successful .
The conclusion of this research is a learning approach to smash a volleyball game at throwing a rubber ball can improve student learning outcomes.

Article Details

Section
Articles