PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “BOLA VOLI MEMANTUL” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Bola Voli merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola besar di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan merupakan penelitian yang menghasilkan sebuah produk pembelajaran. Prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli, revisi, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan, kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli serta hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata analisis produk sebesar 73,33%, hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 79,84%, dan hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 74,02%, seluruhnya masuk dalam kategori baik. Berdasarkan permainan tersebut mayoritas siswa tidak kesulitan melakukan passing. Dan setelah melakukan permainan Bola voli memantul denyut nadi siswa meningkat lebih dari 60% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan bola voli memantul efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.
Abstract
ABSTRACT
Volley Ball is a alternative step study game of big ball at elementary school. Altough in a reality study process with unoptimally step, so we need a modification in this process . This research method has been develop as experiment which is result a study product. The method included analysis product, the first product development, validation and revision, experiment to small and big groups and finishing product. The information collected using field observation and questioner which is fulfill by expert evaluator and student . Analysis technique information is using descriptive presentage. The result of expert evaluation to 36 students in elementary school an average 73,33% included in good category. About 79,84% of 10 students in small group, and about 74,02% in big group included in good category. According to the survey almost of the students easily doing passing, and after playing bounced volley ball the students’s pulse increasing 60% more than maximum pulse. According to this survey , bounced volley ball effective to students’s characteristic so it able for physical education.
Bola Voli merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola besar di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan merupakan penelitian yang menghasilkan sebuah produk pembelajaran. Prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli, revisi, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan, kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli serta hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata analisis produk sebesar 73,33%, hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 79,84%, dan hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 74,02%, seluruhnya masuk dalam kategori baik. Berdasarkan permainan tersebut mayoritas siswa tidak kesulitan melakukan passing. Dan setelah melakukan permainan Bola voli memantul denyut nadi siswa meningkat lebih dari 60% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan bola voli memantul efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.
Abstract
ABSTRACT
Volley Ball is a alternative step study game of big ball at elementary school. Altough in a reality study process with unoptimally step, so we need a modification in this process . This research method has been develop as experiment which is result a study product. The method included analysis product, the first product development, validation and revision, experiment to small and big groups and finishing product. The information collected using field observation and questioner which is fulfill by expert evaluator and student . Analysis technique information is using descriptive presentage. The result of expert evaluation to 36 students in elementary school an average 73,33% included in good category. About 79,84% of 10 students in small group, and about 74,02% in big group included in good category. According to the survey almost of the students easily doing passing, and after playing bounced volley ball the students’s pulse increasing 60% more than maximum pulse. According to this survey , bounced volley ball effective to students’s characteristic so it able for physical education.
Article Details
Section
Articles