Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X pada Pembelajaran CIRC Bernuansa SPUR Ditinjau dari Disposisi Matematika

Main Article Content

Titi Aditiasari Dewi

Abstract

Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Berdasarkan dengan hasil PISA tahun 2012 yang menguji tentang kemampuan literasi matematika siswa, perolehan siswa Indonesia masih belum sesuai dengan harapan yaitu dengan mendapatkan peringkat 64 dari 65 negara. Berdasarkan hasil UTS semester gasal tahun ajaran 2015/2016 didapatkan 90% siswa kelas X masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Selain itu, pembelajaran di kelas masih terpusat kepada guru dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya sikap positif siswa terhadap matematika. Sehingga diperlukannya pembaharuan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil nilai matematika siswa, terutama untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika.Selain itu, terdapat salah satu aspek yaitu disposisi matematika yang juga dapat mempengaruhi kemampuan matematika siswa.Tujuan dari artikel konseptual ini adalah untuk menggambarkan bagaimana mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran CIRC (Cooperative  Integrated Reading and Composition) bernuansa SPUR (Skill, Properties, Uses, Representation). Model CIRC ini adalah salah satu model koperatif yang lebih menekankan pada kegiatan membaca dan menulis. Nuansa SPUR ini dapat dimanfaatkan untuk melatih kemampuan siswa dalam hal keterampilan, penggunaan sifat, dan representasi matematika siswa. Model CIRC bernuansa SPUR ini diprediksi dapat dimanfaatkan untuk  meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas X sebagai salah satu solusi pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Dewi, T. A. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X pada Pembelajaran CIRC Bernuansa SPUR Ditinjau dari Disposisi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 121-130. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21439
Section
Articles

References

Atallah, F., Lynne, S., Dada, R. 2010. Learners’ and Teachers’ Conceptions and Dispositions of Mathematics from a Middle Eastern Perspective.US-China Education Review.7(8).p.43-49.
Calderon, M, E., Tinarejo, J.V., & Lazarowitz, R.H. 1992. Adapting Cooperative Integrated Reading and Compositon to Meet the Needs of Bilingual Students.The Journal of Educational Issues of Language Minority Students. 10. 79-106.
Feldhaus, C.A. 2012. How Mathematical Disposition and Intellectual Development Influence Teacher Candidates’ Mathematical Knowledge for Teaching in a Mathematics Course for Elementary School Teachers.Dissertation.Ohio University.
Gupta, M & Ahuja, J. 2014. Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC): Impact on Reading Comprehension Achievement in English among Seventh Graders. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL). 2(5).p.37-46.
Hadiwinarto, Novianti. 2015. The Effects of Using CIRC Model on the English Learning Skills among Junior High School Students. Journal of Education and Learning.Vol.9 (2) pp. 117-124.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Surabaya: IKIP Malang.
IES. 2012. Cooperative Integrated Reading and Composition.U.S. Departement of Education.Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics.
Johnson, C.E. 2006. Attitude or Anxiety: Mathematical Disposition of High School Algebra 1 Students. Thesis.Wichita State University.
Kaur, B., Thompson, D.R. 2011.“Using a Multi Dimensional Approache to Understanding to Assess Students’ Mathematical Knowledge” dalam Kaur & Yoong (Eds).Assesment in the Mathematics Classroom.Singapura : National Institute of Education. p. 17-32.
Kramarski,B., Mizrachi N. 2004. Enhancing Mathematical Literacy with the Use of Metacognitive Guidance in Forum Discussion.Seminar Proceedings of the 28th Conference of the International.Group for the Psychology of Mathematics Education. P. 169-176.
Lange, J.d. 2006. Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective.Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics.25.13-35.
Maxwell, K. 2001. Positive Learning Dispositions in Mathematics.ACE Papers.Issue 11.30-39.
OECD. 2003. PISA 2002 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading and Science .PISA, OECD Publishing.
OECD. 2013a. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing
OECD. 2013b. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume 1). PISA, OECD Publishing.
Sefalianti, B. 2014.Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan.1(2). p. 11-20.
Slavin. 1995. Instruction Based on Cooperative Learning. Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education.
Stalin, et al. 1989.Cooperative Learning Models for the 3R’s.Educational Leadership.Association of Supervision and Curriculum Development.Hal.22-28.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.
Wardhani, S. & Rumiyati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS.Yogyakarta: P4TK.
Wilson, P. 2011. Disposition Towards Engagement in Mathematics. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics.Juni 2011. p. 67-72.
Yore, L.D., Pimm, D., Tuan, H. 2007.The Literacy Component of Mathematical and Scientific Literacy.International Journal of Science and Mathematics Education.5: 559-589.