Model Regresi Robust untuk Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Timur dengan Estimasi M

Main Article Content

Made Tiara Saskia Puspitasari
Yuliana Susanti
Sri Sulistijowati Handajani

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan karena dalam perhitungan IPM melibatkan komponen ekonomi maupun non ekonomi. Salah satu provinsi pada Pulau Jawa memiliki luas wilayah terbesar yaitu Jawa Timur, selain itu dalam lima tahun terakhir IPM di Jawa Timur mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi signifikan terhadap IPM yang diharapkan dapat meningkatkan IPM di wilayah lainnya. Data IPM diambil pada BPS Jawa Timur tahun 2019 dengan variabel dependen IPM dan variabel independennya angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah dan pendapatan per kapita (ribu rupiah). Pada data tersebut terdapat pencilan sehingga distribusi dari residu tidak normal oleh karena itu dilakukan analisis regresi robust, karena dapat mengatasi pencilan. Perhitungan dilakukan secara berulang dengan regresi robust estimasi M hingga diperoleh estimasi parameter yang konvergen dengan menggunakan pembobot Tukey bisquare. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan nilai  dengan regresi robust estimasi M sebesar 99,91% dan semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap IPM.

Article Details

How to Cite
Puspitasari, M., Susanti, Y., & Handajani, S. (2021). Model Regresi Robust untuk Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Timur dengan Estimasi M. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 659-665. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44811
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur. (Online). (https://jatim.bps.go.id/, diakses 14 Maret 2020).
Draper, N. R., & Smith, H. (1998). Applied regression analysis (Vol. 326). John Wiley & Sons.
Fox, J. (2002). Robust regression: Appendix to an R and S-PLUS companion to applied regression.
Huber, P. J. (1973). Robust regression: asymptotics, conjectures and Monte Carlo. The annals of statistics, 1(5), 799-821.
Lugastoro, D. P., & Ananda, C. F. (2012). Analisis pengaruh PAD dan dana perimbangan terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).
Makkulau, M., Linuwih, S., Purhadi, P., & Mashuri, M. (2010). Pendeteksian Outlier dan Penentuan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Gula dan Tetes Tebu dengan Metode Likelihood Displacement Statistic-Lagrange. Jurnal Teknik Industri, 12(2), 95-100.
Melliana, A., & Zain, I. (2013). Analisis Statistika Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Panel. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(2), D237-D242.
Montgomery, D. C., Peck, E. A., & Vining, G. G. (2012). Introduction to linear regression analysis (Vol. 821). John Wiley & Sons.
Nurcholis, M. (2014). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Pengangguran di Provinsi Jawa Timur Tahun 2008-2014. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 48-57.
Pradewi, E. D., & Sudarno, S. (2012). Kajian Estimasi-M IRLS Menggunakan Fungsi Pembobot Huber dan Bisquare Tukey Pada Data Ketahanan Pangan di Jawa Tengah. Media Statistika, 5(1), 1-10.
Pratiwi, H., Susanti, Y., & Handajani, S. S. (2018). A Robust Regression by Using Huber Estimator and Tukey Bisquare Estimator for Predicting Availability of Corn in Karanganyar Regency, Indonesia. Indonesian Journal of Applied Statistics, 1(1), 37-44.
Salibian-Barrera, M., & Yohai, V. J. (2006). A fast algorithm for S-regression estimates. Journal of computational and Graphical Statistics, 15(2), 414-427.
Wulandari, O. (2018). Model Regresi Robust Estimasi M Dengan Pembobot Fair Pada Produksi Jagung Di Jawa Tengah.