Kemampuan Berpikir Abstraksi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika ditinjau dari Gaya Belajar

Main Article Content

Arfatin Nurrahmah
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir abstraksi matematis mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika ditinjau berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Melibatkan mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta sebagai subjek penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dokumen tes kemampuan berpikir abstraksi matematis, angket gaya belajar, pedoman wawancara, lembar observasi dan peneliti merupakan instrument yang digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode triangulasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miled dan Huberman. Hasil penelitian adalah subjek yang memiliki kecendrungan gaya belajar visual memiliki kemampuan abstraksi yang lebih baik dibanding dengan yang memiliki kecendrungan gaya belajar auditorial dan kinestetik. Berdasarkan empat indikator kemampuan berpikir abstraksi matematis, didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan tipe gaya belajar, dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis pada mata kuliah statistika matematika, mahasiswa lebih banyak mengalami kesulitan pada indikator identifikasi karakteristik objek yang dimanipulasi atau diimajinasikan’ serta ‘mempresentasikan gagasan matematika dalam bahasa dan simbol, dibandingkan indikator ‘pembentukan konsep matematika terkait konsep lain’ dan ‘membuat hubungan antar proses atau konsep untuk suatu pengertian.

Article Details

How to Cite
Nurrahmah, A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Kemampuan Berpikir Abstraksi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 67-74. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44915
Section
Articles

References

Adelia, V., Susanti, E., Sari, N., & Simarmata, R. H. (2020). Abstraction ability in number patterns problems. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012049
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
Komala, E. (2018). Analysis of Students’ Mathematical Abstraction Ability By Using Discursive Approach Integrated Peer Instruction of Structure Algebra Ii. Infinity Journal, 7(1), 25. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p25-34
Ozmantar, M. F., & Monaghan, J. (2007). A dialectical approach to the formation of mathematical abstractions. Mathematics Education Research Journal, 19(2), 89–112. https://doi.org/10.1007/BF03217457
Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak ( Visual , Auditorial , Kinestetik ) Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12.
Sinaceur, H. B. (2014). Facets and Levels of Mathematical Abstraction. In Philosophia Scientae (Issues 18–1). https://doi.org/10.4000/philosophiascientiae.914
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suriasumantri, J.S. (2009). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Suryana, A., & Nurrahmah, A. (2020). Guided Discovery Learning berbasis APOS : Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Berpikir Reflektif Matematis. SINASIS 1 Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 361–372.
Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.
Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 105–126. http://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/310/242
Yilmaz, R., & Argun, Z. (2018). Role of visualization in mathematical abstraction: The case of congruence concept. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 6(1), 41–57. https://doi.org/10.18404/ijemst.328337