Model PBL dan Strategi Pembelajaran Writing in Performance Tasks dengan Performance Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence

Main Article Content

Jazilatul Khofshoh
Endang Retno Winarti
Dwi Yogo Drajat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menguji kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL dengan strategi pembelajaran writing in performance tasks menggunakan asesmen kinerja, (2) menguji kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL dengan strategi pembelajaran writing in performance tasks menggunakan asesmen kinerja lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL, (3) menguji karakter self-confidence berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (4) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari karakter self-confidence pada model PBL dengan strategi pembelajaran writing in performance tasks menggunakan asesmen kinerja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskplanatory sequential mixed methods. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, wawancara dan lembar asesmen kinerja serta angket karakter percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL dengan strategi pembelajaran writing in performance tasks menggunakan asesmen kinerja mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan komunikasi matematis siwa pada model PBL dengan strategi pembelajaran writing in performance tasks lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL, karakter self-confidence berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Khofshoh, J., Winarti, E., & Drajat, D. (2021). Model PBL dan Strategi Pembelajaran Writing in Performance Tasks dengan Performance Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 239-246. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44922
Section
Articles

References

Asikin, M. & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematisc Education). Unnes Journal of Mathematics Education, 2 (1), 203-223.
Creswell, J. W. (2016). Reserach Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Terjemahan oleh Achmad Fawaid & Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa Pisa. Unnes Journal of Mathematics Education. 5(2): 101-108.
Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto, B., (2019). Implmentasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2: 410-415.
Junaedi, I. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 1 (1): 11-20.
Kadir, R. Adelina, & Fatma, M. (2018). Enchancing Student’s Mathematical Probelm Posing Skill Through Writing in Performance Taks Strategy. Journal of Physics.
Khikmawati, R., Winarti, E. R., & Mulyono. (2018). Student’s Mathematical Problem Solving Skills in Problem Based Learning (PBL) Model with Brain-Based Learning Approach Using Performace Assessment Based On Emotional Intelligence. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1): 910-917.
Lazard, S., Suzzane, M., & Lee, Y. P., (2011). “Strong Links between Self-Confidence and Math Performance”. Singteach.nie.edu.sg issue 29 Mar/Apr 2011. (Online). (http://singteach.nie.edu. sg/issue29- mathed/, diakses 23 Mei 2019).
Lomibao, L. S., (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5): 378-382.
Mauladaniyati, R. (2015). Pembelajaran Kolaboratif melalui Strategi Writing from A Prompt dan Writing in Performance Tasks dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa SMP. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1): 18-27.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Rizqi, H. Y., Waluyo, S. B., & Wiyanto. (2018). Penerapan Self-Confidence dan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Sapto, A. D., Suyitno, H., & Susilo, B. E., (2015). Keefektifan Pembelajaran Strategi React dengan Model SSCS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Percaya Diri Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3): 223-229.
Saputro, D. A., Masrukan, Agoestanto, A., (2017). Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed Problem Based Learning with Scaffolding on Rectangle Materials. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 239 -248.
Setiawan, F.T., Suyitno, H., & Susilo, B.E. (2017). Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152-162.
Sudiyasa, I. W. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ISSN 2355-0473. Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syam, A., & Amri. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5 (1): 87-102.
Winarti, E. R., Rochmad, & Waluyo, S. B., (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yew, E. H. J., & Karen, Goh. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning: Health Profession Education, 2(2): 75-79.