Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design dengan Pendekatan SAVI

Main Article Content

Dini Hastiningrum
Nur Karomah Dwidayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan sequential explanatory design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun ajaran 2019/2020, melalui teknik random sampling terpilih dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; (2) kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI lebih baik dari kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran Direct Instruction; (3) kemampuan koneksi matematis pada subjek dengan gaya belajar visual mendominasi pada indikator aspek koneksi antartopik matematika dan aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari, kemampuan koneksi matematis pada subjek dengan gaya belajar auditorial mendominasi pada indikator aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari, dan kemampuan koneksi matematis pada subjek dengan gaya belajar kinestetik mendominasi pada indikator aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain.

Article Details

How to Cite
Hastiningrum, D., & Dwidayati, N. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design dengan Pendekatan SAVI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 150-159. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44937
Section
Articles

References

Creswell, J. W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
De Porter, B. & M. Hernacki. 2015. Quantum Learning. Bandung : Kaifa.
Lestari, K. E., & M. R. Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Millaty, V. N., Kartono, & N. K. Dwidayati. 2019. Students’ Mathematical Connection Ability and Self Regulated Learning on MiC Learning with Recitation and Peer Assessment Based on Semarang Culture. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 173-179.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nurafni, A. & H. Pujiastuti. 2019. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus di SMKN 4 Pandeglang. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 27-33.
Pebriyanti, M. M. D., N. K. Dwidayati, & Amidi. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Connection Ability and Responsibility in Two Stay Two Stray Learning with Problem Cards. Unnes Journal of Mathematics Education.
Putra, H. D. (2011). Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan Wingeom untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Bandung.
Sritresna, T. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 38-47.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, D. H. 2017. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Sungguminasa. Jurnal Penelitian dan Penalaran, 4(1), 645-655.