Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa

Main Article Content

Kartika Pratiwi
Mohammad Asikin

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence mempunyai peran penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penilaian TIMSS 2015, kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan artikel ini adalah mengkaji pustaka terkait strategi pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan Realistic Mathematics Education sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa. Berdasarkan beberapa hasil kajian dan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terbukti mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, K., & Asikin, M. (2021). Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 247-255. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44940
Section
Articles

References

Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1).(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/1483/1440,diakses pada tanggal 28 Juni 2019).
Chapin, S.H., O’Connor, C., & Anderson, N.C. (2009). Classroom Discussions: Using Math Talk to Help Students Learn, Grades K-6, 2nd Ed. Sausalito, CA: Math Solu-tions.
Ficha. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self- confidence Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeristas Lampung: Bandar Lampung.
Hayati, Nur. (2003). Penerapan Pembelajaran Realistik pada Pokok Bahasan Sisi dan Volum Bangun Ruang. Makalah Komprehensif. Surabaya: Prodi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNESA.
Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1): 52-60.
Jasija, K., Fitriana, F.A. & Aripin, U. (2018). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif),1(5). (Online). (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1563/286, diakses pada tanggal 9 Oktober 2020).
Khun-Inkeeree, H., Omar-Fauzee, M. S., & Othman, M. K. H. (2017). The Effect of Students Confidence Level toward Mathematics Performance among Southern Thailand Primary School Children. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(2), 20-34. (Online). (http://hrmars.com/index.php/journals/papers/IJARPED/v6-i2/2934, diakses pada tanggal 16 Juli 2020).
Komba, S. C. (2015). The Perceived Importance of Communication Skills Courses Among University Students: The Case of Two Universities in Tanzania. Jurnal International Journal of Education and Research 3 (2), 497-508. (Online). (http://www.ijern.com/journal/2015/February-2015/39.pdf, diakses pada tanggal 24 September 2019).
Kostos, K & Shin, E. (2010). Using Math Journals to Enhance Second Graders’ Communication of Mathematical Thinking. Springer 38, 223-231.
Lestari, K.E & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mullis IVS, et al. (2016). TIMSS 2015 Internasional Result in Mathematics. Boston College: IEA.
National Council of Teachers of Mathematics .(1989). Assesment Standar for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 704-709). (Online). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241, diakses pada tanggal 8 Oktober 2020).
Ontario Ministry of Education. (2010). Capacity Building Series: Communication Mathematics in The Classroom. The Literacy and Numeracy Secretariat. (Online) .(http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS_Communication_Mathematics.pdf, diakses pada tanggal 24 September 2019).
Pugalee, D. K. (2004). A Comparison of Verbal and Written Descriptions of Student’s Problem Solving Processes. Educational Studies in Mathematics, 55(1-3), 27-47.
Rabbani, S., Murni, S. & Hendriana, H. (2019). Mengembangkan Self-Confidence Matematik Siswa SD Bantaran Citarum Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 213-216. (Online). (http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1453/838, diakses pada tanggal 9 Oktober 2020.
Rofikoh, F., Winarti, E. R., & Sunarmi, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran TTW Berbantuan Fun Card Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 432-438). (Online) .(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29028, diakses pada tanggal 18 Desember 2019).
Sheldrake, R. (2016). Differential predictors of under-confidence and over-confidence for mathematics and science students in England. Learning and Individual Differences, 49, 305-313. (Online). (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1041608016300589, diakses pada tanggal 16 Juli 2020).
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solehudin, M. (2016). Strategi Think Talk Write dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang, 217-225. (Online). (http://repository.unikama.ac.id/840/27/217-225%20STRATEGI%20THINK%20TALK%20WRITE%20DENGAN%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR.pdf, diakses pada tanggal 28 November 2019).
Stankov, L., Morony, S. A., & Ping, L.Y. (2011). Strong Links Between Self-Confidence and Math Performance. Singteach: Research within Reach, 29, 5-7. (Online). (https://singteach.nie.edu.sg/issue29-mathed/, diakses pada tanggal 18 Desember 2019).
Sumirat, L. A. (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal pendidikan dan Keguruan, 1(2), 209667. (Online). (https://www.neliti.com/publications/209667/efektifitas-strategi-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-talk-write-ttw-terhadap, diakses pada tanggal 8 Oktober 2020).
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students' mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307-315. (Online). (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2452315117303685, diakses pada tanggal 16 Juli 2020).
Tandiling, E. (2012). Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik, pemahaman matematik, dan selfregulated learning siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 24-31. (Online). (http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1388/pengembangan-instrumen-untuk-mengukur--kemampuan-komunikasi-matematik,-pemahaman--matematik,--dan-self-regulated-learning-siswa-dalam-pembelajaran-matematika-di-sekolah-menengah-atas.html, diakses pada tanggal 15 Desember 2019).
Tarim, K., & Capar, G. (2015). Efficacy of the Cooperative Learning Method on Mathematics Achievement and Attitude: A Meta Analysis Research. Educational Sciences: Theory & Practice, 15(2), 553-559. (Online). (https://www.researchgate.net/publication/275249841, diakses pada tanggal 24 September 2019).
TIMSS. (2015). TIMSS 2015 International Results In Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK.