Mitos dalam Matematika dan Aplikasinya dalam Pendidikan Matematika

Main Article Content

Dani Kusuma
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Artikel ini merupakan kajian tentang mitos matematika yang disampaikan oleh Reuben Hers pada buku What Is Mathematic Really? Khususnya yang membahas mathematic has front and back yaitu matematika memiliki bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan matematika adalah bagian yang tampak dan dipelajari sekarang ini dan bagian belakang adalah bagian yang tidak semua mengerti dan dipahami secara khusus oleh ahli-ahli matematika. Tulisan ini juga membahas bagaimana pendidikan matematika diterapkan menurut bagian depan matematik, bagian belakang matematika dan dari sisi filosofi matematika. Filsafat matematika memiliki peran dalam pembelajaran matematika sekolah dari level pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi sehingga aplikasinya memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung.

Article Details

How to Cite
Kusuma, D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Mitos dalam Matematika dan Aplikasinya dalam Pendidikan Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 129-133. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44942
Section
Articles

References

Anglin, W. . (1994). Mathematics: A Concise History and Pholosophy. Springer Verlag.
Herawaty, D. (2018). Model pembelajaran matematika realistik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 107–125.
Hersh, R. (1997). What Is Matematic Really. Oxford University Press.
Marchisotto, E. (2017). A Case Study in Reuben Hersh’s Philosophy: Bézout’s Theorem. Springer International Publishing AG 2017, December, 1–363. https://doi.org/10.1007/978-3-319-61231-7
Marchisotto, E. (2020). The Human Face of Mathematics: Reuben Hersh (1927-2020) In Memoriam. Journal of Humanistic Mathematics, 10(2), 539–552. https://doi.org/10.5642/jhummath.202002.25
Stucki, D. J. (1999). The Deconstruction of Mathematics : A criticism of Reuben Hersh ’ s What Is Mathematics , Really ? and the Humanist Philosophy of Mathematics.
Sugiman. (2009). Pandangan Matematika Sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(13), 1–4. www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf%0A