Kemampuan Literasi Matematis dengan Higher Order Thinking pada Pembelajaran CIRC Bernuansa SPUR Berbantuan Google Classroom
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil PISA 2018 pencapaian matematika di Indonesia mengalami penurunan dengan memperoleh skor 379 dan berdasarkan hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah menengah pertama di dapatkan lebih dari 90% siswa belum mencapai Batas Tuntas Aktual. Selain itu, siswa kurang memiliki motivasi yang baik dalam pembelajaran dimana pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Sehingga diperlukan pembaharuan pada model pembelajaran dikelas untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Pembelajaran CIRC bernuansa SPUR berbantuan Google Classroom diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Tujuan kajian konseptual ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan kemampuan literasi matematika higher order thinking siswa pada pembelajaran CIRC bernuansa SPUR berbantuan Google Classroom. Kemampuan Literasi Matematika Higher Order Thinking adalah kemampuan merumuskan, menggunakan,dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks yang di dalamnya berupa bernalar secara matematis,berpikir tingkat tinggi dan menggunakan konsep,prosedur,fakta,dan alat matematika dalam menjelaskan fenomena. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kegiatan membaca dan menulis secara berkelompok. Bernuansa Skill, Properties, Uses, and Representation ini dapat dimanfaatkan untuk melatih kemampuan siswa dalam hal keterampilan,teori dasar,penggunaan sifat,dan representasi matematika siswa. Berbantuan google classroom dapat membantu menunjang pelaksanaan proses pembelajaran.
Article Details
References
Dinni, Husna N. 2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1(2018).
Gupta, M & Ahuja, J. 2014. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC): Impact on Reading Comprehesion Achievement in English among Seventh Graders. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL). 2(5). 37-46.
Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan ELearning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo I-STATEMENT: Information System and Technology Management.
Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Surabaya: IKIP Malang.
Kaur, B., Thompson, D.R. 2011.“Using a Multi Dimensional Approache to Understanding to Assess Students’ Mathematical Knowledge†dalam Kaur & Yoong (Eds).Assesment in the Mathematics Classroom.Singapura : National Institute of Education. p. 17-32.
Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya tingkatkan kualitas.(Online). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Maharani, A. D. (2019, March). HOTS pada assesment pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPA siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1).
OECD. 2013a. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing
OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris.
Putri, E. L., Dwijanto, D., & Sugiman, S. (2017). Analysis of Mathematical Communication Skills and Confidence of 10th Grader of SMK in Geometry Material Viewed from Cognitive Style. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 97-107.
Saputra, H. (2016). Development of Educational Quality Towards the Global Era (Strengthening) Learning Quality with HOTS Application).
Setiawan, H., & Dafik, N. D. S. L. (2014, November). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember.
Setiasih, E., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Strategi REACT Berpendekatan SPUR. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 579-583).
Setyaningrum, R. R., Chotim, M., & Mashuri, M. (2012). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dan NHT Dengan Pemodelan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).
Thompson, D. R. dan Bleiler, S. 2013. “Multidimensional Assessment of CCSSM†Teaching