Potensi Alat Peraga Fun Fraction Set dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Siswa Tunagrahita

Main Article Content

Elin Rahmawati
Andika Nur Ferianto
Rithia Damarratih
Sugiman Sugiman

Abstract

Siswa tunagrahita mempunyai hambatan dalam pembelajaran karena beberapa keterbatasan seperti fungsi berpikir, motivasi belajar, dan tidak dapat fokus mengikuti pembelajaran. Pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita dapat dilakukan menggunakan alat peraga khusus sebagai media pembelajaran agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran di kelas hingga selesai. Alat peraga fun fraction set adalah alat peraga untuk mempelajari konsep pecahan dan pecahan senilai. Penelitian ini menggunakan metode literatur review yang bersumber dari artikel dan jurnal online yang terindeks scopus dan SINTA. Proses penelusuran dan analisis artikel dari berbagai sumber jurnal tersebut dipilih berdasarkan isi, relevansi, dan kontribusi ilmiah menggunakan kata kunci tunagrahita (intellectual disability), pecahan (fraction), dan alat peraga (teaching aids). Hasil analisis literatur review menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga fun fraction set memberi peluang bagi siswa tunagrahita mendapatkan pengalaman belajar secara langsung menggunakan benda konkret. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat peraga fun fraction set berpotensi untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan bagi siswa tunagrahita dan multimedia interaktif sebagai inovasi penggunaan alat peraga fun fraction set dalam pembelajaran secara daring bagi siswa tunagrahita.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, E., Ferianto, A., Damarratih, R., & Sugiman, S. (2021). Potensi Alat Peraga Fun Fraction Set dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Siswa Tunagrahita. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 160-166. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44965
Section
Articles

References

Bowman, J. A., McDonnell, J., Ryan, J. H., & Fudge-Coleman, O. (2019). Effective Mathematics Instruction for Students With Moderate and Severe Disabilities: A Review of the Literature. Focus on Autism and Other Developmental Disabilities, 34(4), 195–204. https://doi.org/10.1177/1088357619827932
Cunningham, C. (2015) Imagination: Active in Teaching and Learning, Thesis, University of Nebraska, Lincoln.
Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalian Bersusun Kesamping Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 18. https://doi.org/10.29210/18700
Handayani, S. L., & Sugiman. (2013). Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa dalam Belajar Matematiak. PRSIMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349–354.
Hartariani, L. L., Damayanthi, L. P. E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 137–147. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8522
Hord, C., & Xin, Y. P. (2015). Teaching Area and Volume to Students With Mild Intellectual Disability. Journal of Special Education, 49(2), 118–128. https://doi.org/10.1177/0022466914527826
Ismail, A. K., & Hendikawati, P. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Group Tournament (Tgt) Dengan Menggunakan Media “3 in 1” Dalam Pembelajaran Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education., 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3335
Ke, X., & Liu, J. (2012). Chapter. 1–25.
Lalu Satya, P., & Edy, R. (2016). Penerapan Media Video Berbasis IT Terhadap Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Anak Tunagrahita Ringan Kelas III. Pendidikan Khusus, 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/30061/27561
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Siswa yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Prendergast, M., Spassiani, N. A., & Roche, J. (2017). Developing a Mathematics Module for Students with Intellectual Disability in Higher Education. International Journal of Higher Education, 6(3), 169. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n3p169
Sahrin, A. (2015). Pedoman Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menerapkan Computer Assisted Intruction. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 2(6), 13–17.
Sari, L., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2020). Media Pembelajaran Puzzle Angka dan Corong Angka (PANCORAN) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 88–100. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23618
Setyono, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Penguasaan Konsep Bilangan Pecahan Berbantuan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 3 Di SDN Keputih 245 Inklusif Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus.
Sugiman, Suyitno, H., Junaedi, I., & Dwijanto. (2020). The Creation Of Teaching Aids For Disabled Students As Mathematical-Thinking-Imaginative Product. International Journal of Instruction, 13(3), 777–788. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13352a
Sugiman, Suyitno, H., & Mulyono. (2018). Profil Kemampuan Matematis Siswa SLB di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika. PRISMA Seminar Nasional Matematika, 1(8), 647–655. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.
Wahyuni, R. S. (2017). Membandingkan Bilangan Pecahan Menggunakan Fraction Circle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal GANTANG, 2(1), 21–26.
Wei, C. W., Hung, I. C., Lee, L., & Chen, N. S. (2011). A Joyful Classroom Learning System With Robot Learning Companion For Children To Learn Mathematics Multiplication. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 11–23.
Wulansari, R. (2016). Pengembangan Media 3 Dimensi Bina Diri untuk Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(2), 74-76.
Yulistiyarini, H., & Mahmudi, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Geometri Ruang SMP dengan Memanfaatkan Alat Peraga Manipulatif dan Lingkungan. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 155. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9145