Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran TAPPS Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Class Dojo

Main Article Content

Muhammad Dwi Yanto
Wardono Wardono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving pendekatan metaphorical thinking berbantuan Class Dojo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan kelas kemampuan literasi matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik yaitu metode tes, metode wawancara, dan metode observasi, serta triangulasi sumber dengan 6 subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa kelas atas, 3 siswa kelas sedang, dan  1 siswa kelas bawah. Analisis data kualitatif meliputi keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas atas mampu menguasai enam komponen dengan baik, yaitu communicating, mathematising, representation, reasoning and argument, devising strategies for solving problems dan using mathematical tools. Siswa kelas sedang cukup mampu dalam menguasai lima komponen yaitu communicating, mathematising, representation, devising strategies for solving problems dan using mathematical tools. Siswa kelas bawah menguasai tiga komponen dengan baik, yaitu communicating, mathematising dan using symbolic, formal, and technical language, and operations.

Article Details

How to Cite
Yanto, M., & Wardono, W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran TAPPS Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Class Dojo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 336-343. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44969
Section
Articles

References

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity, 1(1): 90–103.
Jufri, L. H. (2015). Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMP N 27 Bandung. Lemma, 2(1), 52–62.
National Council of Teacher Mathematics. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Res-ton. VA: NCTM.
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity In Education. PISA. Paris: OECD publishing.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition. PISA. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA. Paris: OECD Publishing.
Mashuri, M., Nitoviani, N. D., & Hendikawati, P. (2018). The mathematical problem solving ability of student on learning with Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) model in term of student learning style. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1): 1–7.
Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2): 169–183.
Rosyana, T. & Sari, I. P. (2015). Penerapan Aktivitas Quick On The Draw Melalui Pendekatan Thinking Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa MA. P2M STKIP Siliwangi, 2(2): 192–202.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?, SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015, 713–720.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, S. (2009). Menumbuh kembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2): 179– 189.
Wardono, Rochmad, Uswatun, K., & Mariani, S. (2020).Comparison between Generative Learning and Discovery Learning in Improving Written Mathematical Communicating Ability. International Journal of Instruction, 13(3), 729–744.
Winarti, E. R., Haryanti, M. D., & Asih, T. S. N. (2019). Student’s problem solving ability in thinking aloud pair problem solving learning assisted by schoology viewed from mathematical disposition. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1): 14–18.