Model Problem Based Learning dalam Perspektif Ontologi dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika

Main Article Content

Henry Suryo Bintoro
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Dalam pembelajaran matematika permasalahan pasti dialami oleh siswa. Penyelesaian masalah dilakukan dengan cara yang berbeda oleh setiap siswa.  Siswa memiliki kemampuan memahami materi yang tidak sama. Masalahnya bagaimana caranya agar semua siswa dapat memahami materi dengan baik. Model problem based learning dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah-langkah model problem based learning harus dilakukan secara menyeluruh melalui perspekttif filsafat pendidikan matematika. Hal tersebut dikarenakan filsafat pendidikan matematika mengkaji kebenaran proses pendidikan matematika. Tujuan dari kajian ini untuk mendeskripsikan model problem based learning dalam perspektif filsafat pendidikan matematika secara ontologi dan epistemologi. Artikel ini dikaji menggunakan library research berdasarkan data-data kepustakaan, yaitu mengkaji model problem based learning dan filsafat pendidikan matematika secara ontologi dan epistemologi. Hasil kajian menemukan bahwa (1) secara ontologi model problem based learning sesuai dengan aliran logikalisme yaitu pada akhirnya konsep logis mereduksi semua konsep matematika, hal tersebut dikarenakan model problem based learning diawali pemberian masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kemudian siswa mencari alternatif solusinya, (2) secara epistemologi sesuai aliran konstruktivisme bahwa melalui proses mengkonstruksi arti dari diskusi dan pengalaman fisik melalui penyesuaian pengalaman baru dari pemahaman sebelumnya akan memperoleh pengetahuan, hal tersebut karena model problem based learning membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan kolaboratif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah.

Article Details

How to Cite
Bintoro, H., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Model Problem Based Learning dalam Perspektif Ontologi dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 223-227. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44972
Section
Articles

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Barrows, H. S. (1988). The Tutorial Process. Southern Illinois University School of Medicine.
Bintoro, H. S., & Zuliana, E. (2015). Penerapan Interactive Multimedia Berbasis Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa Pada Pembelajaran Matematika SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 121. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4683
Ekawati, D. (2013). Reorientasi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Perkembangan Sains. Jurnal Tarbawiyah, 10(2), 75–84.
Harja, S. I., Bintoro, H. S., & Ulya, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model TGT Berbantuan Media Laci Kartu Soal. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(2), 92–100.
Muhmidayeli. (2014). FILSAFAT ANALITIK Kritik Epistemologi Ide Analitik Logis Bertrand Russell. Jurnal Teologia, 25(1), 1–22. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/teologia/article/view/340/309
Nur, R., Rochmad, & Kharis, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema. Unnes Journal, 2, 185–189.
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Parnabhhakti, L., Ulfa, M., & Indonesia, U. T. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 11–14.
Prabowo, A. (2009). Aliran aliran filsafat dalam matematika. JMP: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 25–45.
Riswari, L. A., & Bintoro, H. S. (2020). The Ifluence of Problem-Based Learning Model in Improving Student Engagement in Mathematics. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 158–173.
Sumarsih, S. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.945
Suyitno, H., & Rochmad, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 199. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4981
Widodo, S. A. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Aliran-Aliran Filsafat. Idea Pres.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.