Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Mataram Pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dipadukan Dengan Pendekatan Saintifik Tahun Pelajaran 2019/2020
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efek belajar materi persamaan kuadrat pada siswa SMPN 1 Mataram dengan memadukan model pembelajaran discovery dan metode saintifik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Setiap siklus penelitian action kelas mencakup beberapa tahapan yaitu: merencanakan, bertindak, mengamati dan merefleksikan. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan rencana studi dan penyiapan alat penelitian. Pada tahap tindakan meliputi desain pembelajaran yang didasarkan pada kombinasi prinsip desain penemuan dan metode saintifik, serta pemberian tindakan dalam bentuk pembelajaran. Fase observasi meliputi mengamati aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya pada proses mendiskusikan dan melaksanakan tindakan dan hambatan yang dihadapi, namun fase refleksi merupakan aktivitas refleksi berdasarkan hasil observasi dan evaluasi hasil belajar. Hal-hal yang menjadi fokus pada tahap refleksi ini adalah penilaian pelaksanaan tindakan, kendala yang muncul, dan kemajuan yang telah dicapai. Untuk memperoleh data penelitian digunakan dua jenis alat penelitian. Alat penelitian yang digunakan adalah tabel observasi, yang digunakan untuk melaksanakan pedoman belajar dan observasi serta soal tes hasil belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning yang dipadukan dengan metode saintifik pada tahun pelajaran 2019/2020 hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadratik SMPN 1 Mataram mengalami peningkatan.
Article Details
References
Cintia, N.I., Kristin, F. dan Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran eksploratori untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Pandangan tentang Ilmu Pendidikan, 32 (1), 67-75.
Efriana, F. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN Palu Barat pada Materi Keliling dan Luas Daerah Layang-layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 170–181. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3219
Ismah, sundi V. (2019). Penerapan model Discovery Learning. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Rekomendasi No. 81A tentang implementasi kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marsigit, (2015). “Metode Ilmiah dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013â€, Makalah yang disampaikan pada Workshop “Penerapan Metode Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013â€, Sabtu, 31 Oktober 2015, di LPMMY Perserikatan Bangsa-Bangsa. http://uny.academia.edu/MarsigitHrd
Nugrahaeni (2017). Temukan penerapan model pembelajaran pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia.1(1), 23-29
Ratih, Mustika (2015). Pengaruh kemampuan pembelajaran inti strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa SMP Negeri 4 Kepahiang. kertas. Sekolah Mata Kuliah Pascasarjana Pendidikan Matematika, Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Bangkulu.
Syah, Muhibin , (1996). Metode baru psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suciati dkk. (2007). Belajar dan belajar 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widiani, (2016),Penerapan Metode Ilmiah dan Dampaknya terhadap Keterampilan Komunikasi Matematika dan Berpikir Kreatif Siswa,Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Haturisteva, 5(1),1- 14