Studi Literatur: Lembar Permasalahan Berbasis Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan Pendekatan Scientific mampu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui bahwa Lembar Permasalahan berbasis pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan pendekatan scientific mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Lembar Permasalahan merupakan bentuk lain dari Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun khusus dalam pembelajaran MEAs. Permasalahan nyata disajikan dalam Lembar Permasalahan untuk diselesaikan dalam bentuk pemodelan matematika yang berpedoman pada pendekatan pembelajaran scientific. Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan kemampuan siswa dalam menyampaikan ide-ide yang dimiliki dengan bahasa matematika yang sederhana, sistematis, dan jelas. Namun, beberapa penelitian seelumnya menyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih berada dalam kategori rendah. Hasil kajian ini diperoleh bahwa Lembar Permasalahan berbasis pembelajaran MEAs menjadi salah satu media yang membantu siswa mengoptimalkan kemampuan mengkonstruk model matematika. Selain itu, pendekatan scientific mendukung proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Article Details
References
Anggralia, R., Deswita, R., Erita, S., Habibi, M., & Putra, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 09 No. 02. Oktober 2019. Tersedia di: https://www.researchgate.net/ [diakses pada 23-12-2019]
Asikin, M. & Junaedi, A. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). UJMER 2 (1). Hal. 2014-2013. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/ [diakses pada 10-12-2019]
Dux, H. A. D., Hjalmarson, M., Zawojewski, J., & Bowman, K. J. (2006). Quantifying Aluminium Cryztal Size Part 1: The Model Eliciting Activity. Journal of STEM Education. Vol 7, No 1&2, Januari-Juni 2006. Tersedia di https://eric.ed.gov/ [diakses pada 13-12-2019]
Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik. Vol. 04 No. 01. Tersedia di https://ejournal.unuja.ac.id/ [diakses pada 10-12-2019]
Hayati, L., & Mulyani. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. J. Pijar MIPA, Vol. 14. No.1, Maret 2019: 44-49. Tersedia di http://jurnalfkip.unram.ac.id/ [diakses pada 10-12-2019]
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills and Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.
Imran, N. A. (2014). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika. Jurnal Bina Gogik, Volume 1 No. 2, September 2014. Tersedia di http://ejournal.stkipbbm.ac.id/ [diakses pada 10-12-2019]
Meisya, S. Suhandri, & Nufus, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). Vol. 1, No. 1, Juni 2018. Tersedia di http://ejournal.uin-suska.ac.id/ [diakses pada 21-04-2020]
Musfiqon, HM. & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 704-709. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/ [diakses pada 06-12-2019]
Paridjo, Waluya, St. B., & Rochmad. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dengan Group Investigation Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Aksioma. Vol. 9, No. 1, Juli 2018. Tersedia di https://scholar.google.co.id/ [diakses pada 17-05-2019]
Wijayanti, P. S. (2013). Pengaruh pendekatan MEAs terhadap kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/ [diakses pada 07-12-2019]
Zulkarnain, I. (2013). Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konflik Kognitif. Disertasi Doktor Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.