Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Open Ended Berdasarkan Prosedur Newman pada Pembelajaran Model Treffinger

Main Article Content

Clarasati Haryanto
Emi Pujiastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa ditinjau dengan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal open ended materi geometri serta mengetahui kualitas dari pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger berbasis kontekstual dan mencapai ketuntasan klasikal.Penelitian ini merupakan penelitian mix methods. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Semarang dengan sampel kelas VIII U1. Dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil dengan observasi, wawancara, tes dan dianalisis dengan uji ketuntasan belajar klasikal dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kesalahan memahami masalah dilakukan salah satu subjek pada kelompok sedang dan semua subjek pada kelompok bawah, kesalahan transformasi dilakukan salah satu subjek pada masing-masing kelompok, kesalahan kemampuan memproses dilakukan oleh semua subjek pada kelompok atas dan salah satu subjek pada kelompok sedang maupun bawah, kemudian kesalahan penulisan dilakukan semua subjek pada kelompok atas dan salah satu subjek pada kelompok sedang. Berkualitasnya pembelajaran model Treffinger berbasis kontekstual dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi geometri menggunakan model Treffinger berbasis kontekstual mencapai ketuntasan belajar klasikal.

Article Details

How to Cite
Haryanto, C., & Pujiastuti, E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Open Ended Berdasarkan Prosedur Newman pada Pembelajaran Model Treffinger. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 103-110. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44983
Section
Articles

References

Azmi, Anisa L., Wardono, & Cahyono, Adi Nur. 2018. Mathematics Literacy on Creative Problem Solving with Realistic Mathematics Education Approach Assisted by E-Learning Schoology. Unnes Journal of Mathematics Edication, 7(1):188-194. Universitas Negeri Semarang.
Creswell, J. Riset Pendidikan; perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), hlm. 1088
Kholisoh, Irvana L. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended ditinjau dari disposisi matematis pada pembelajaran Treffinger. Universitas negeri Semarang. Semarang.
Karina, P., Sugiarto., Pujiastuti, E. 2013. Keefektifan Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education. 2(1) 106-113. Universitas Negeri Semarang.
Nasser, R.,& Carifio, J. 1993. Students misconceptions and errors in solving algebra word problems related to misconceptions in the field of science. Proceedings of the Third International Seminar on Misconceptions and Educational Strategies in Science and Mathematics, Misconceptions Trust. Ithaca, August 1 -4 1993.
Pomalato, S. W. D. (2006). Mengembangkan kreativitas matematik siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan model Treffinger. Mimbar Pendidikan, 1, 22-26.
Rizky, A. (2013). Peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui tutor sebaya (PTK di MTsN Karangmojo). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
White, A.L. 2010. A Revaluation of Newman’s Error Analysis. Online. Tersedia di www.mav.vic.edu.au/files/conferences/2009/08White.pdf
Zakaria, E. 2010. Analysis of Students’ Error in Learning of Quadratic Equations. International Education Studies, 3(3): 105-11.