Penguatan Pembelajaran dan Penilaian yang Bermuatan 4C Competence in Mathematics di Era “Merdeka Belajar” pada Guru-guru SMPN 24 Semarang.

Main Article Content

Sugiman Sugiman
Amin Suyitno
Emi Pujiastuti
Masrukan Masrukan
Isti Hidayah

Abstract

Mendikbud di akhir tahun 2019 telah mencanangkan program kebijakan pendidikan nasional "Merdeka Belajar". Salah satu kebijakannya adalah penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP lebih singkat dan operasional yang memuat 3 komponen, yaitu: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaiannya (assessment), serta bermuatan 4C yakni: Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication. Permasalahan dalam artikel ini adalah: Bagaimana memberikan penguatan pembelajaran yang bermuatan 4C Competence in Mathematics di era “Merdeka Belajar†pada guru-guru SMPN 24 Semarang melalui pembuatan RPP dalam Pembelajaran Daring?.  Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah In-service Teacher Training. Hasilnya adalah sebagai berikut: (1) Telah dilakukan pemberian pelatihan tentang pembelajaran dan pembuatan RPP yang bermuatan 4C Competence in Mathematics di era “Merdeka Belajar†pada guru-guru SMPN 24 Semarang. (2) Telah dilakukan pemberian pendampingan pembuatan RPP untuk pembelajaran Daring yang memuat 4C dengan berbantuan Alat Peraga, khususnya dengan video pembelajaran multi fungsi.

Article Details

How to Cite
Sugiman, S., Suyitno, A., Pujiastuti, E., Masrukan, M., & Hidayah, I. (2021). Penguatan Pembelajaran dan Penilaian yang Bermuatan 4C Competence in Mathematics di Era “Merdeka Belajar” pada Guru-guru SMPN 24 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 487-492. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44999
Section
Articles

References

Basuki, I. Hariyanto, MS. (2015). Assmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
El-Sahili, A., Al-Sharif, N., & Khanafer, S. (2015) Mathematical Creativity: The Unexpected Links, The Mathematics Enthusiast: Article 32, Vol. 12(1), 417-464
Firdaus, Ismail K, Md. Nor Bin Bakar, Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning. Vol. 9(3), 226-236.
Fonseca, L & Arezes, S. (2017). A Didactic Proposal to Develop Critical Thinking in Mathematics: The Case of Tomás. Journal of the European Teacher Education Network, Vol. 12, 37-48.
Kattou, Maria & Kontoyianni, K. (2013). Connecting Mathematical Creativity to Mathematical Ability. ZDM - Mathematics Education. ISSN: 1863-9690 (Print) 1863-9704 (Online). 1-16.
Kemendikbud. (2019). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Le, H., Janssen, J., & Wubbles, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, Vol. 48(1), 103-122.
Lomibao, L & Namoco. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, Vol. 4(5), 378-382.
Munroe, L. (2015). The Open Ended Approach Framework. European Journal of Educational Research. Vol. 4(3), 97-104.
Sipayung, DH., Sani, RA., Rahmatsyah, & Bunawan, H. (2018). Collaborative Inquiry For 4C Skills. 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018), Vol. 200, 440-445.
Sriraman, Bharath, Haavold, P. & Lee, K. (2013). Mathematical creativity and giftedness: a commentary on and review of theory, new operational views, and ways forward. ZDM Mathematics Education – Springer, Vol. 45, 215–225.
Sriwongchai, A. (2015). Developing the mathematics learning management model for improving creative thinking in Thailand. International Education Studies, Vol. 8(11), 77-87.
Tuncel, Z. A., & Çobanoğlu, F. (2018). In-service Teacher Training: Problems of the Teachers as Learners. International Journal of Instruction, Vol. 11(4), 159-174.
Vale, S & Barbosa, A. (2017). The Importance of Seeing in Mathematics Communication. Journal of the European Teacher Education Network, Vol. 12, 49-63.
Vuong, Q. H., & Napier, N. K. (2014). Making creativity: the value of multiple filters in the innovation process. International Journal of Transitions and Innovation Systems, Vol. 3(4), 294-327.