Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Main Article Content

Fitri Arianti

Abstract

Adanya Pandemi Covid-19, mempengaruhi perubahan di berbagai bidang terutama pada bidang Pendidikan. Pemerintah menerapkan kebijakan baru yaitu pembelajaran daring atau belajar dirumah dan mengutamakan kesehatan serta keselamatan peserta didik. Dalam pembelajaran daring, media pembelajaran yang digunakan oleh tenaga pendidik dan peserta didik berbentuk online atau elektronik. Salah satu media dalam kegiatan pembelajaran daring ini adalah bahan ajar yang berbentuk elektronik. Bahan ajar yang berbentuk elektronik dapat dibuat dengan berbantuan TIK sehingga bahan ajar tersebut memudahkan pembelajaran daring menjadi lebih efektif dan efisien, terutama pada pembelajaran Matematika. Dalam pembelajaran matematika terdapat lima kemampuan dasar matematika salah satunya adalah representasi. Kemampuan Representasi Matematis siswa dapat ditunjang dengan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat. Media Pembelajaran berbantuan TIK merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik dalam merepresentasikan masalah matematis yang didapat dalam pembelajaran Matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis adalah Model Pembelajaran Prepospec berbantuan TIK. Model pembelajaran Prepospec berbantuan TIK memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu Prepare, Problem Solving, Presentation, Evaluation, dan Conclusion. Penelitian dengan judul Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Prepospec berbantuan TIK pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Bahan Ajar pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel melalui model pembelajaran Prepospec berbantuan TIK dapat menstimulasi pembelajaran menjadi lebih efektif sehingga dapat meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan.

Article Details

How to Cite
Arianti, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 208-216. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45014
Section
Articles

References

Abdullah, I. H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematik Siswa melalui Pembelajaran Kontekstual yang Terintegrasi dengan Soft Skill. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).
Bogley, W. A., Dorbolo, J., Robson, R. O., & Sechrest, J.A. (1996, October). New Pedagogies and Tools for Web Based Calculus. Web site: http://aace.virginia. edu/aace/conf/webnet/html/119. htm.
Dewi, N. R, (2020). Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK. Klaten : Penerbit Lakeisha
Dodi. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Etnomatematik Suku Dayak Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Tanjungpura. Pontianak
Halat, E & Peker, M. 2011. The Impacts of Mathematical Representations Developed Through Webquest and Spreadsheet Activities on the Motivation if Pre-service Elementary School Teachers. TOJET: The Turkish Online Journal of Education Technology, Volume 10 Issue 2. hal 259-263.
Hwang, et al. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effect on Mathematical Problem Solving Using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & society. Vol. 10 No. 2 pp. 191-212
Jitendra, A. K., Nelson, G., Pulles, S. M., Kiss, A. J., & Houseworth, J. (2016). Is Mathematical Representation of Problems an Evidence-Based Strategy for Students With Mathematics Difficulties? Exceptional Children. Vol. 83(1). pp. 8-25.
Ling, G.W. & Ghazali, M. (2005). Solution Strategies, Modes of Representationand Justifications of Primary Five Pupilsin Solving Pre Algebra Problems:anExperience of Using Task-Based Interview and Verbal Protocol Analysis.
NCTM. (2000). Principles and Standards ForSchool Mathematics. ISBN :0-87353-480-8. America : The United State of America
Novira, R., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 287-292
Nur, D. (2019). Analisis Kemampuanrepresentasi Matematissiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persmaan Linier Tiga Variabel Kelas X Sma Negeri 1 Tulungagung.
Pakpahan, Roida, dan Yuni Fitriani. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research (JISAMAR), 4.2, (2020): 13
Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 2019, 307-317
Rangkuti, D., Rangkuti, D. E. S., (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 161-172
Sumalasia, K. Y., Suarsana, M., & Astawa, W. P. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Multi Representasi pada materi Geometri kelas VII SMPLB tunarungu. Jurnal Pendidikan Matematika, 15 (1), 2020, 36-47
Yushau, B (2006). The effects of blended e-learning on mathematics and computer attitudes in pre-calculus Algebra. The Mathematics Enthusiast, 3(2), 176-183.