Aliran Humanis dalam Filsafat Matematika
Main Article Content
Abstract
Filsafat adalah bidang ilmu yang mengajak manusia untuk berpikir secara mendalam untuk mencari kebenaran. Salah satu ilmu yang sering diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari adalah matematika. Aliran humanis memandang bahwa matematika adalah hasil ciptaan manusia. Matematika adalah buah pemikiran atau ide-ide yang dihasilkan oleh manusia. Tulisan ini merupakan hasil kajian. Tulisan ini mendiskusikan ide-ide beberapa tokoh aliran humanis. Tokoh-tokoh tersebut adalah Aristoteles, Euclids, John Locke, David Hume, Jean Le D’lembert. Aristoles yang terkenal denga teori logika, Euclid bapak geometri, John Locke yang terkenal dengan teori Tabularasanya, David Hume yang empirisis, Jean Le Rond D’alembert dengan teori kalkulus diferensial parsialnya.
Article Details
References
Juhari. (2013). Muatan Sosiologi dalam Pemikiran Filsafat John Locke. Jurnal Al-Bayan.
Machmud, T. (2011). RASIONALISME DAN EMPIRISME Kontribusi dan dampaknya pada perkembangan filsafat matematika. Jurnal Inovasi, 8(01).
Mahfud, M., & Patsun, P. (2019). MENGENAL FILSAFAT ANTARA METODE PRAKTIK DAN PEMIKIRAN SOCRATES, PLATO DAN ARISTOTELES. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.76
Oliveira, A. R. E. (2017). D’Alembert: Between Newtonian Science and the Cartesian Inheritance. Advances in Historical Studies, 06(04), 128–144. https://doi.org/10.4236/ahs.2017.64010
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT DAN ALIRAN FORMALISME YANG TERKANDUNG DALAM FILSAFAT MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14.
Prabowo, A. (2009). ALIRAN- ALIRAN FILSAFAT DALAM MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 25–45. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2009.1.2.2979
Sabirin, M. (2016). Konsep Ketakhinggaan dalam Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.581
Suyitno, H., & Rochmad, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 199–205.
Tarsan, V. (2017). RELEVANSI EPISTEMOLOGI JOHN LOCKE. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 107–127.