Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Model Eliciting Activities dengan Performance Assessment

Main Article Content

Latif Ariyanto
Endang Retno Winarti
D.A.S.Q. Rizki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan Model Eliciting Activities untuk kemampuan komunikasi matematis siswa, menguji peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan Model Eliciting Activities, untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari disposisi matematis.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif desain one-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes, angket dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Model Eliciting Activities mencapai ketuntasan klasikal, (2) ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan Model Eliciting Activities dengan performance assessment, (3) kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis dalam pembelajaran Model Eliciting Activities sebagai berikut (a) Subjek dengan disposisi matematis kelompok bawah kurang mampu menyelesaikan masalah dengan tepat dan runtut, menyelesaikan masalah dengan cara atau penyajian jawaban yang berbeda, dan menyelesaikan masalah dengan detail; (b) Subjek disposisi matematis kelompok tengah mampu menyelesaikan masalah dengan tepat dan runtut, kurang mampu menyelesaikan masalah dengan cara atau penyajian jawaban yang berbeda, dan kurang mampu menyelesaikan masalah dengan detail; (c) Subjek dengan disposisi matematis kelompok atas mampu menyelesaikan masalah dengan tepat dan runtut, menyelesaikan masalah dengan cara atau penyajian jawaban yang berbeda, dan menyelesaikan masalah dengan detail

Article Details

How to Cite
Ariyanto, L., Winarti, E., & Rizki, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Model Eliciting Activities dengan Performance Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 268-274. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45049
Section
Articles

References

Altay, M.K., E. Y. Ozdemir, & S. S. Akar. 2014. Pre-service Elementary Mathematics Teachers’ Views on Model Eliciting Activities. 5th World Conference on Educational Sciences- WCES 2013 Procedia Social and Behavioral Sciences, 116 (2014): 345-349.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Asikin, M. & Junaedi, I. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematisc Education). Unnes Journal of Mathematics Education Reasearch. 2(1): 203-213.
Chamberlin, & Moon. 2008. How Does the Problem Based Learning Approach Compare to the Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics?.University of Wyoming.
Chamberlin, S. A., Moon, S. M. (2008). How Does the Problem Based Learning Approach Compare to the Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics?
Creswell, John W. 2012. Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (diterjemahkan dalam Pendekatan Metode Kualitaitf, Kuantitaif, dan Campuran). Celeban Timur: Pustaka Pelajar.
Eric, C.C.M. 2008. Using Model-Eliciting Activities for Primary Mathematics Classrooms. The Mathematics Educators. 11(1): 47-66.
Herlina, E. 2013. Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan Apos. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 169-182.
Jumadi. 2017. Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XII SMA N 2 Yogyakarta. Aksioma, 8(2): 43-49.
Junaedi, I. & M. Asikin. 2012. Pengembangan Pembelajaran Matematika Humanistik Untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 1(2): 114-120.
Kosko, K. & Wilkins, J. 2012. Mathematical Communication and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of Mathematics Education, 5(2): 1-12.
Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertasi dengan Model Pembelajarn dan Kemampuan Matematis) (2nd ed). Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, K.E., & M. R. Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.
Mandur, K., Sadra, W. & Suparta, N. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 2.
Martyaningrum (2018 = Martyaningrum, I.D, N.R. Dewi, & Wuryanto. 2018. The Enchancement of Student’s Ability in Problem Solving and Mathematical Disposition Aspect Through Brain-Based Learning Model Unnes Journal of Mathematis Education Research (UJMER), 7(1): 31-38.
Martyaningrum, I.D, N.R. Dewi, & Wuryanto. 2018. The Enchancement of Student’s Ability in Problem Solving and Mathematical Disposition Aspect Through Brain-Based Learning Model Unnes Journal of Mathematis Education Research (UJMER), 7(1): 31-38.
Marzano, R,J, D. Pickering, dan J McTighe. 1993. Assessing Students Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of learning Model. Alexandria: ASCD Publications.
Masrukan. 2014. Asesmen Otentik. Semarang: CV. Swadaya Manunggal.
Moleong (2014) = Moleong, L. J. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oktaviani, R., H. Suyitno, & Mashuri. 2015. Keefektifan Model Eliciting Activities Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(3): 190-198.
Permata C. P., Kartono, Sunarmi. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education. 4(2): 127-13
Prayitno, S., Suwarsono, St., Siswono, T. Y. E. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978-979-16353-9-4.
Puspitasari, E. 2017. Pengaruh Disposisi Matematis dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD), 8(1): 144-158.
Qohar, Abd. 2011. Mathematical Communication: What and How to Develop It in Mathematics Learning? International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. ISBN: 978 – 979 – 16353 – 7 – 0.
Rizal, M.U., & N. H. Halim. 2017. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Model Alberta Dalam Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 27-46
Setiawan, F. T., H. Suyitno, & B. E. Susilo. 2017. Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal Mathematics Education, 6(2): 152 – 162.
Stohlmann, M. 2013. Model Eliciting Activities: Fostering 21st Century Learners. Journal of Mathematics Education at Teacher Collage. 4: 60-65.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FMIPA UPI. Bandung.
Suningsih, A. 2015. Pembelajaran Garis Lurus Dengan Model Eliciting Activities dan Team Assisted Individualization Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal e-DuMath, 1(1): 30-42.
Yildirim, T., M. B. Scare, & L. J. Shuman. 2010. Model Eliciting Activities: Assesing Engineering Student Problem Solving and Skill Integration Processes. International Journal of Engineering Education, 26(4): 831-845.
Yu, S., & Chang. 2011. What Did Taiwan Mathematics Teachers Think of Model- Eliciting Activities and Modeling? International Conference on the Teaching of Mathematical Modeling and Applications, ICTMA.