Manipulatif Konkret Matematika di Perguruan Tinggi: Sebuah Reviu Sistematis

Main Article Content

Isti Hidayah
Sukestyarno Sukestyarno

Abstract

Penelitian tentang pentingnya manipulatif konkret matematika untuk siswa telah banyak dipublikasikan. Dari beberapa publikasi hasil penelitian menyatakan bahwa manipulatif konkret matematika tidak majig, guru harus mampu mendesain aktivitas pembelajaran sehingga mampu memfasilitasi siswa berpikir. Hal ini menunjukkan bahwa guru mengambil peran penting dalam keberhasilan belajar siswa yang dibantu dengan manipulatif konkret. Untuk itu perlu dilakukan reviu secara sistematis untuk mengetahui lingkup penelitian kajian manipulatif konkret matematika di pendidikan tinggi, khususnya pada pendidikan calon guru. Penelitian ini merupakan sebuah reviu jurnal secara sistematis yang dilakukan dengan menerapkan metode yang diadopsi oleh pernyataan PRISMA. Dari artikel yang didapat melalui aplikasi publish or perish dengan kata kunci “mathematics concret manipulative in Higher Educationâ€, telah tersaring 25 judul, dan dengan kajian ke dalam isi artikel, terdapat 5 judul penelitian terkait manipulatif konkret matematika di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari reviu 5 literatur terseleksi cenderung mengungkapkan pentingnya calon guru/guru harus menguasai bagaimana membuat dan menggunakan matematika konkret, serta kesulitan yang dihadapi dalam menghasilkan manipulatif konkret tersebut.

Article Details

How to Cite
Hidayah, I., & Sukestyarno, S. (2021). Manipulatif Konkret Matematika di Perguruan Tinggi: Sebuah Reviu Sistematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 470-475. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45083
Section
Articles

References

Alpino, E & Retnawati, H. 2016. Developing Instructional Design to Improve Mathematical Higher Order Thinking Skills of Students. Journal of Physics: Conference Series 755 (2016) 011001. doi:10.1088/1742-6596/755/1/011001.
Ananggih, G.W, Yuwono, I, dan Sulandra, I.M., (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika Vol. 1 No.1 2017.
Ball, D, L. (1992). Magical hopes: Manipulatives and the Reform of Mathematics Education. The Professional Journal of the American Fereration of Teachers 16(2) 14-18.
Cockett, A and Kilgurs, PW. 2015. Mathematical Manipulatives; creating an Environment for Understanding, Effisiency, Engagement & Enjoyment. Teach Collection on Christinan Education. Vol 1, Issue 1. Article 5. http://research. Avondde.edu.an/teachclction/vol 1/iss 1/5.
Cope, L. 2015. Mathematics Manipulatives: Making the Abstract Tangibel. Delta Journal Educatioan Vol 5, Issue 1, Spring 2015.
Hidayah, I., Dwijanto, Istiandaru, A. (2018). Manipulatives and Question Series for Rimary School Mathematics Teaching on Solid Geometry, International Journal of Instruction, v11 n3 p649-662 Jul 2018.
Kontaq, H. 2016. The Effect of manipulatives on Mathematics Achievent & Attitudes of Secondary Schook Students. Journal of Education & Learning Vol 5 No. 3 (2016).
Larbi, E and Mavis, ). 2016. The use of Manipulatives in mathematics Education. Journal of Education and Practice. Vol 7 No. 36. www.ijste.org
Laski, E.V, Jordan, J.R, Daoust, C, and Murray, A.K. 2015. What Makes Mathematics Manipulatives Effective? Lessons From Cognitive Science and Montessori Education. Sage Open April riil-June 2015: 1–8, DOI: 10.1177/2158244015589588.
Liberati A, Altman DG, Tetzlaff J, Mulrow C, Gøtzsche PC, Ioannidis JPA, et al. (2009) The PRISMA Statement for Reporting Systematic Reviews and Meta-Analyses of Studies That Evaluate Health Care Interventions: Explanation and Elaboration. PLoS Med 6(7): e1000100.
Saido, G. A. M., Siraj, S., Nordin, A. B., & Al-Amedy, O. S. (2015). Teaching strategies for promoting higher order thinking skills: a case of secondary science teachers. Malaysian Online Journal of Educational Management, 3 (4), 16-30.
Wiyanto, Saptono, S., and Hidayah, I (2019) Scientific creativity: a literature review. Journal of Physics: Conference Series 1567 (2020) 022044.