Application of Mobile-Based Visual Content for Schools During a Pandemic
Main Article Content
Abstract
Setiap orang tentunya menginginkan layanan yang terletak pada kualitas pelayanan yang lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat. Di sisi lain, bidang penyedia layanan khususnya pemasaran semakin berlomba untuk memberikan yang terbaik dan paling dicari oleh masyarakat. Di masa pandemi saat ini, pembelajaran bahkan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pun dilaksanakan secara online. Hal ini tentu berimbas pada berbagai aktivitas belajar, informasi dan promosi dari sekolah yang tetap harus dilakukan secara maksimal meskipun secara online. Oleh karena itu, tentunya media informasi konten digital dapat membantu dalam memberikan sentuhan pribadi melalui sajian visual yang menarik dan bervariasi. Konten visual adalah bagian penting dari representasi sekolah dalam rangka PPDB di dunia maya, baik itu website, blog, atau akun media sosial. Dengan porsi elemen grafis yang memadai, audiens akan lebih tertarik dengan konten yang dibuat. Namun, menciptakan konten visual bukanlah keahlian sembarang orang. Membuat desain grafis, misalnya, membutuhkan software yang tidak mudah untuk dipelajari orang awam. Namun saat ini ada alternatif software yang dapat digunakan oleh semua khalayak dengan lebih mudah dan gratis. Dalam artikel ini kami melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tema pelatihan membuat konten visual dan mempelajari berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut serta langkah-langkah dasar untuk mulai mengoperasikannya.
Article Details
References
Admin. (n.d.-b). Ingin mendesain apa? Canva.Com. Retrieved May 5, 2020, from https://www.canva.com/id_id/membuat/
Admin. (2019). Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Kinemaster untuk Pemula. Besoksukses.Com.
Fajariyah, L. A. (2018). Pembelajaran Teks Report dengan Proyek “ Cerdig †Berbasis Kinemaster. Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar, 2(1), 182–192.
Fauzi, V. P. (2016). Pemanfaatan Instagram sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(1), 1–15.
Khotimah, K., & Irawati, D. C. (2019). Penerapan Sistem Informasi Bisnis pada Strategi Bauran Pemasaran Produk dan Promosi terhadap Pengaruh Tingkat Penjualan Kuliner Seafood Lamongan Cak Tur. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 18(3), 249–258.
Lestari, Y. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Video Pembelajaran Inovatif Melalui Kegiatan Workshop di SDN 1 Pajukungan Semester II Tahun Ajaran 2018-2019. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 6(1), 37–40.
Nayoan, A. (2019). Cara Menggunakan Canva: Tutorial Membuat Design Gratis. Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/
Puniawan, I. M. E., Joshua, J. W. N., & Kurniawati, N. S. E. (2018). Workshop Dan Pelatihan Bidang Pemasaran Digital Bagi Siswa SMK Dan Sma Harapan Denpasar. SINAPTEK, November, 217–220.
Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal JPMM, 1(1), 42–51.
Syah, A. (2020). Tutorial Kinemaster. Mod.Co.Id. https://mod.co.id/tutorial-kinemaster/
Winarso, B. (2018). [Review App] Bikin Video Keren di Smartphone dengan KineMaster Pro Video Editor. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/review-kinemaster-pro-video-editor
Zulfadhli, & Ermanto. (2019). Peningkatan Kemampuan Publikasi Jurnalistik Perangkat Nagari Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Media Sosial di Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan melalui Pelatihan. Abdi Humaniora, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.24036/abdi-humanus.v1i1106660