PEMBELAJARAN MATERI VIRUS MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO
Abstract
The aim of this research was to identify students’ activities and their learning achievements on virus by the use of pictorial card media at SMA Negeri 2 Wonosobo. The research design used was an experiment. The samples of the study were two classes, taken by cluster random sampling technique, class X-1 as the experimental and class X-3 as the control class. The result showed that the average of students’ learning achievements of X-1 and X-3 classes were 75.98 and 61.93. The percentage of learning activities, on experimental class, were categorized as active, 79.03% on average. Meanwhile, in control class they were categorized as active enough, 63.75%. It could be concluded that the use of pictorial card could improve students’ activity and learning achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi materi virus menggunakan media kartu bergambar SMA Negeri 2 Wonosobo. Rancangan penelitian ini adalah desain eksperimen. Sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 2 kelas diambil dengan cara cluster random sampling hasilnya diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas X-1 dan X-3 berturut-turut sebesar 75,98 dan 61,93. Persentase rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen termasuk dalam kriteria aktif yaitu 79,03% sedangkan pada kelas kontrol yang termasuk dalam kriteria cukup aktif yaitu 63,75%. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu pembelajaran materi virus menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
References
Gusti. 2006. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Biologi Biologi Melalui Pendekatan Kontekstual dengan model Pembelajaran Berbasis Gambar (Picture and Picture) pada Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Jurnal Guru, No.1 Vol 3 Juli 2006 hal 33-47.
Hamalik O. 2004. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditra Bakti.
Ismiati. 2009. Berbagai Bentuk Motivasi yang dilakukan Guru di Sekolah. Jurnal Guru Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Menengah, No.2 Vol.6 Desember 2009 : 99-107. Padang Panjang: Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang.
Junaidi. 2008. Upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada soal bentuk cerita dengan menggunakan media komik di kelas III SDN 03 balai-balai kota padang panjang. Jurnal Guru 5(1): 75-81
Law KMY & Sandnes FE Jian HL. 2008. A Comparative Study of Learning Motivatin Among Engineering Students. The International Journal of Enggineering Education 25 (1). On line at: www. Ied. Edu.hk/apfslt/v5 issuel/tsoimf/tsoimf5.htm-7k(accessed 15 Agustus 2011).
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono & Rahardjito. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sardiman. 2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana N & A Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Zaim. 2005. The Effect of Using Intructional Media Toward the Learning Achievement of English. Jurnal Guru, No.2 Vol 2 Desember 2005 hal 77-81.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.