HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROTISTA AKIBAT PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE

  • Eka - Mukaromah Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Siti Harnina Bintari Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Ibnul - Mubarok Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: learning cycle model, protista, student’s learning achievements

Abstract

This research aimed to describe the student’s learning achievements onProtista at SMA Negeri 12 Semarang after the learning cycle models. Pre-experimental research with pretest and posttest group design was implemented in class X-8 and-9. The main data, the students’ learning achievements wererecorded by using the test and non test methods. The supporting data,consisted of student’s activities and teacher’s performances were collectedfrom the researcher’s observation, and student’s responses were collected byquestionnaires. The data were analyzed by N-gain test. The results showed that student’s learning achievements were increased from pretest to posttest with medium N-gain and ? 85% students were successfully passed; 90,73%students were active; and 81,75% students  indicated  positive responses to the learning implemented. The conclusion of this research was that learning cycle model was effective to be used to improve student’s learning achievements on Protista material at SMA Negeri 12 Semarang.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMA Negeri 12 Semarang pada materi protista akibat penerapan model pembelajaran learning cycle. Penelitian pre-experimental design dengan pretest and posttest group design telah dilaksanakan pada kelas X-8 dan X-9. Data utama berupa data hasil belajar yang diperoleh dengan teknik tes dan non tes. Data pendukung terdiri dari data aktivitas siswa dan kinerja guru yang diperoleh dengan metode observasi, serta tanggapan siswa yang diperoleh dengan metode angket. Data dianalisis dengan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pretest ke posttest dengan N-gain sedang dan ?85% siswa tuntas; 90,73% siswa aktif dalam kegiatan  pembelajaran; kinerja guru telah mencapai kriteria baik;  serta 81,75% siswa memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan model learning cycle berakibat baik terhadap hasil belajar siswa pada materi protista di SMA Negeri 12 Semarang.

 

Author Biographies

Eka - Mukaromah, Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Siti Harnina Bintari, Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Ibnul - Mubarok, Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Ala, M. 2010. Quantum Teaching. Jogjakarta: DIVA Press.

Budiasih, E. & Widarti, H.R. 2004. Penerapan Pendekatan Daur Belajar (LC) dalam Pembelajaran Matakuliah Praktikum Kimia Analisis Instrumen. Jurnal Pendidikan pembelajaran vol 10 (1), hal 70-78.

Darsono, M., Sugandhi, A., Martensi, Sutadi, R.K. & Nugroho. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Fajaroh, F. & Dasna, I.W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang-Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran vol 11 (2), hal 112-122.

Fajaroh & Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Menggunakan Siklus Belajar (Learning Cycle). On line at http://Lubisgrafura.wordpress.com/ 2007.09.09.20/pembelajaran-dengan-model-siklus-belajar-learning-cycle [diakses tanggal 20 Agustus 2011]

Fathurrohman & Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Kulsum, U. & Hindarto, N. 2011. Penerapan Model Learning Cycle pada Sub Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, halaman 128-133.

Lorsbach, A.W. 2002. The Learning Cycle as A tool for Planning Science Instruction. Online at http://www.coe.ilstu.edu/science/lorsbach/257lrcy.html [diakses tanggal 22 Agustus 2011].

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nuchiyah, N. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar vol V, no.7.

Nuglohu, H. & Yalcin, N. 2006. The Effectiveness of The Learning Cycle Model to Increase Students Achievement In The Physics Laboratorium. Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION vol 3, issue 2.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suarbawa, I. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme 4 Siklus Terhadap Hasil Belajar K3 dan Psikologi Industri. Jurnal Teknokdik vol XII, no.1, Juni 2008.

Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle Approach Sebagai Upaya Meminimalisasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Struktur Molekul. Jurusan Kimia FMIPA UNNES. Jurnal Inovasi pendidikan Kimia vol 27, no.2.

Suprodjo, Priatmoko & Sariana. 2008. Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurusan Kimia FMIPA UNNES. Jurnal Inovasi pendidikan Kimia vol 2, no.1.

Widhy, P. 2012. Learning Cycle Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Sains yang Bermakna. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA. UNY, 2 Juni 2012

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)