PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA N 1 PEKALONGAN

  • Aulia Nur Lita Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Dewi Mustikaningtyas Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Nur Rahayu Utami Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekalongan adalah salah satu sekolah yang menerapkan tutor sebaya sebagai metode pembelajaran andalan untuk mensukseskan Ujian Nasional kelas XII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi yang dimiliki siswa Kelas XII IPA Tahun 2015/2016 terhadap penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada Mata Pelajaran Biologi. Pengambilan data penelitian dengan triangulasi teknik yaitu menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil teknik triangulasi dengan model Miles and Huberman. Hasil observasi menggunakan teknik angket dan wawancara menyatakan bahwa pelaksanaan Tutor Sebaya Biologi sudah baik dan mendukung adanya gambaran positif yang dimiliki siswa. Hasil data dokumentasi mendukung persepsi positif yang dimiliki siswa. Kesimpulannya adalah siswa kelas XII memiliki persepsi positif terhadap penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada Mata Pelajaran Biologi, sehingga penerapan tutor sebaya pada Mata Pelajaran Biologi dapat dijadikan sebagai referensi untuk mata pelajaran lain yang diujikan khusunya di SMA N 1 Pekalongan.

SMA 1 (Senior High School 1) Pekalongan has been implementing peer tutoring as the main learning method to improve the students’s National Examination achievement. The purpose of this study was to determine the perception of the XII grade Science student of 2015/2016 academic year on the implementing of peer tutoring as learnig method in Biology subject. Data was collected by triangulation technique using questionnaires, interviews, observation, and documentation. Data was analyzed using Miles and Huberman technique. The result of Observation using technique questionnaires and interviews that the implementation of Peer Tutoring was a good practice and can support the existence of positive envision of student. Similary, the documentation support the high participation of student. It was concluded that XII grade Science students have a positive perception of the implementation of peer tutoring as learning method in Biology Subject, and it was suggested to implement the peer tutoring in other subject Examined Nationally especially in SMA N 1 Pekalongan.

Published
2017-08-29
Section
Articles