PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERTAHANAN TUBUH BERBASIS BIOEDUTAINMENT

  • Muspita Dewi Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Sri Sukaesih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Nur Rahayu Utami Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis bahan ajar yang digunakan sebelumnya di SMA N 1 Bulakamba, mendeskripsikan kelayakan modul dan menguji efektivitas modul terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan desain eksperimen Pre Experimental Design dengan jenis Pre-test and Post-test One Group Design . Uji coba skala besar menggunakan kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA N 1 Bulakamba yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang digunakan sebelummya di SMA N 1 Bulakamba adalah buku paket dari salah satu penerbit. Kelayakan modul sistem pertahanan tubuh berbasis bioedutainment memperoleh persentase rata-rata sebesar 97,33% dengan kriteria sangat layak. Uji coba skala besar, semua siswa mengalami peningkatan skor pretest dan posttest dengan kriteria sedang sampai tinggi, rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 77,90% dan aktivitas siswa mencapai 87,01% dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa modul pertahanan tubuh berbasis bioedutainment sangat layak dan efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.

This research aimed to described the type of teaching materials previously used in SMA N 1 Bulakamba, describes eligibility module and measure the effectiveness the module for the student learning achievement and activities. The method is research and development with pre experimental design Pre-test and Post-test One Group Design.Large-scale field-testing was class XI IPA 3 and XI IPA 4 in Senior High School 1 of Bulakamba were determined using purposive sampling. The results showed said that before teaching materials used in SMA N 1 Bulakamba is the textbook from one of the publishers. Feasibility aspects the immune system module based biodeutainment obtained a score of 97.3% with a veryfeasiblecriteria. Large-scale field-testing, all students has increased pretest and posttest scores with the criteria of medium to high, the average classical completeness amounted to 77.90% and student activites reached 87.01% . It was concluded that the immune system module based biodeutainment was very feasible and effectively for the student learningachievement and activities.

Published
2017-06-01
Section
Articles