EFEKTIVITAS KOMBINASI KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Abstract
The purpose of the research is knowing learning cooperative of combination effectivity time token with picture puzzle in material system of blood circulary at Junior High School of 2 Gabus. The population in the research is VIII grade of student Junior High School 2 Gabus, the research samples are VIIIA, VIIIB and VIIIE grade was taken with random sampling technique. The research design wich used is one shot case study. The result of research is showing that 83% student actived in class studying, and the result of 86,56% styudent reached KKM≥75. The other hand, the average of student motivation reached 95,7%. The concluded is effective to apply in the material system of blood circulatory.
Â
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kombinasi pembelajaran kooperatif time token dengan picture puzzle pada materi sistem peredaran darah di SMPN 2 Gabus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Gabus, sampel penelitian yaitu siswa kelas VIIIA, VIIIB dan VIIIE diambil dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83% siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa 86,56% telah melampaui KKM ≥75. Rata-rata motivasi siswa mencapai 95,7%. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan kombinasi pembelajaran kooperatif tipe time token dengan picture puzzle efektif diterapkan pada materi sistem peredaran darah.
References
Ardianti, SD.2011. Pengaruh Media Animasi dengan Metode Pembelajaran Time Token terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sistem organisasi Kehidupan di SMP N 1 Sluke Rembang.(Skripsi).Semarang : Universitas Negeri Semarang
Aritonang, KT.2008.Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Jurnal pendidikan penabur No. 10 Tahun 7:11-21
Cahyo, UD. 2012. Penerapan Media Puzzle Picture pada Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI IPA2 SMA N 1 Tumpang. (Skripsi).Malang : Universitas Negeri Malang
Charlton B, R.L.Williams dan T.F.McLaughlin.2005. Educational games: a technique accelerate the acquisition of reading skills of children with learning disabilities. The International Journal of Special Education 2005, Vol 20, No.2:66-72.
Chumala, N. 2012.Penggunaan Media Puzzle Geografi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas IXD SMP Muhammadiyah 2. On line at http://mala_ting2.guru-indonesia.net/artikel_detail-21695.html [diakses 6 November 2012]
Pujiyatmi, A. 2011.Efektifitas Metode Permainan Didukung dengan Media Slide Presentation pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMPN5 Ungaran.(Skripsi).Semarang : Universitas Negeri Semarang
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusataka.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.