PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN JAS TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Abstract
The purpose of this research was to find out the application of Jelajah Alam Sekitar (JAS) Approach in teaching the digestive system for the student’s science process skills at SMA N 12 semarang. This research was a Quasi Experimental Design research with Pre-test and Post-test of Non-equivalent Control Group Design which was for XI IPA 1 class as the experimental group and XI IPA 2 class as the control group. Method of choosing the sample was purposive sampling. The data were in the form of science process skills, learning result, students’ and teacher’s response. The analysis resulted in a correlation coefficient of 0.31 and determination coefficient of 10%. The percentage of experimental class’ result was higher than control class (100% > 57%). 97% of the students responded well towards whereas the teacher gave positive response for the learning procedure. According to those results, it can be concluded that the application of Jelajah Alam Sekitar (JAS) in learning the digestive system had positive effect in the students’ mastery on science process skills.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Jelajah Alam sekitar dalam pembelajaran materi sistem pencernaan terhadap penguasaan keterampilan proses sains siswa SMA N 12 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimental design dengan pola Pre and Post-test Non-equivalent Control Group Design dan diterapkan pada kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Data berupa penguasaaan keterampilan proses sains, hasil belajar, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Hasil analisis menunjukkan harga koefisien korelasi sebesar 0,31 dan koefisisen determinasi sebesar 10%. Persentase hasil belajar kelas eksperimen > hasil belajar kelas kontrol (100% > 57%). Pembelajaran yang dilakukan ditanggapi baik oleh guru dan ditanggapi sangat baik oleh 97% siswa. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Jelajah Alam sekitar dalam pembelajaran materi sistem pencernaan berpengaruh positif terhadap penguasaan keterampilan proses sains siswa.
References
Ango ML. 2002. Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educology, 2002, Vol 16, No 111 Plateau State, Nigeria: University of Jos, page 14
Apiyah EN. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Proyek Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi di SMA (skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwiyanti G & W. Siswaningsih. 2005. Keterampilan Proses Sains Siswa SMU Kelas II Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia melalui Metode Praktikum. Makalah. UPI Bandung.
Hutahuruk & A Manap.2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Waktu Belajar terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa SDN Pasar Ujung Batu. http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Master-846/846. Diunduh tanggal 24 September 2012
Izdhihana AM. 2011. Penerapan Praktikum Pembuatan Tempe Sebagai Upaya Mencapai Keterampilan Proses Sains Pada Materi Jamur (skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Marianti A. 2006. Bunga Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mulyani S, A Marianti, NE Kartijono, T Widianti, S Saptono, KK Pukan & SH Bintari. 2008. Jelajah Alam sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: UNNES Press
Mulyasa E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyo W,Lathifah & Z Abidin 2008. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Dan Penilaian Portofolio. Jurnal inovasi pendidikan kimia 2 (1): 236-243
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.
Supardi KI, Indraspuri R. 2010. Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal inovasi pendidikan kimia vol 4 No 1: 574-581
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.