PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FLASH YOUR MIND (FYM) MATERI PERKEMBANGAN MANUSIA DI SMP
Abstract
Â
This study aims to develop and determine the feasibility of Flash Your Mind (FYM multimedia) in human development material for junior high school students. This is a Research and Development (R & D) to produce FYM multimedia in human development material. The development of FYM multimedia was through in several stages, namely analyzing the needs, defining the basic competencies and suitable material, determining the media / product to be developed, designing the product, design validation by expert, revising the design, trying the product, revising the product , trying the product usage, revising the product and making the final product. This study was conducted in SMP Negeri 10 and SMP Negeri13 Magelang. The results of this study indicate that the implementation of the development of FYM multimedia is good and feasible by experts, the average of study classical completeness is 96.75%, the students and the teacher response of FYM multimedia usage is very good. Based on these results it was concluded that the FYM multimedia is valid and feasible in biology learning for junior high school students.
Â
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia Flash Your Mind (FYM) materi perkembangan manusia dalam pembelajaran biologi di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan produk berupa multimedia FYM materi perkembangan manusia. Pengembangan multimedia FYM melalui beberapa tahapan, yaitu menganalisis kebutuhan, menentukan kompetensi dasar dan materi yang cocok, menentukan media/produk yang akan dikembangkan, mendesain produk, validasi desain oleh ahli, merevisi desain, uji coba produk, merevisi produk, uji coba pemakaian produk, merevisi produk dan produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 & SMP Negeri 13 Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan multimedia FYM materi perkembangan manusia dilakukan dengan baik dan dinyatakan layak oleh ahli, rata-rata ketuntasan klasikal kelas penelitian sebesar 96,75%, tanggapan siswa dan guru sangat baik terhadap penggunaan multimedia pada pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa multimedia FYM materi perkembangan manusia valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran biologi di SMP.
Â
References
Arsyad A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azizah A. 2011. Pengembangan Multimedia Materi Struktur dan Fungsi Sel Untuk SMA(Skripsi). Semarang:Unnes.
Constantinescu I. 2007. Using technology to assist in vocabulary acquisition and Reading com-prehension. The Internet TESL Journal 13 (2). Online at http://iteslj.org/Articles/Constantinescu-Vocabulary.html ï›diakses tanggal 20 Februari 2012ï
How Giam Kah. 2000. Gaya pembelajaran dan penggunaan multimedia dalam pengajaran dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan tigaenf 2(3): 57-62.
Istianda M & Darmanto. 2009. Pembuatan Multimedia Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Bantuan Belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 1 (10):11-17.
Mohler J. 2001. Using interactive multimedia technologies to improve student understanding of spatially-dependent enginering concepts. on line at http://www.tech.purdue.edu/cg/ [diakses tanggal 26 februari 2012].
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan 8 (1):19-35. on line at http://staff.uny.ac.id/sites/ [diakses tanggal 30 november 2012].
Samodra, D. W, Vincent Suhartono & Stefanus Santosa. 2009. Multimedia pembelajaran reproduksi pada manusia. Jurnal Teknologi Informasi 5 (2):695-710. on line at http://research.pps.dinus.ac.id/lib/jurnal/ [diakses tanggal 30 november 2012].
Sudjana N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudrajat A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta. on line at http//akhmadsudrajat.wordpress.com/bahan-ajar/media-pembelajaran/. [diakses tanggal 13 November 2012].
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vaughan, T. 2006. Multimedia : Making IT Work. Hill: McGraw-Hill Companies.
Warsita B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.